KEMENAG BERSAMA FKUB PROBOLINGGO LAKSANAKAN RAKOR DI KOMPOENG KITA


1 fkub2 fkubKab. Probolinggo (5/3) Sebagai wujud kedamaian semesta, Kami, 5 Maret 2015 Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Probolinggo mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi bertempat di Kampoeng Kita Condong Kec. Gading yang dihadiri jajaran pengurus, tampak Ketua FKUB KH. Idrus Ali, M.Ag, KH. Munir Holili, KH. Abdul Hadi Saifullah (Ketua Tanfidziyah PCNU Probolinggo) Drs. H. Atok Illah, M.Pd (Kasubag TU Kemenag Kab. Probolinggo) dan pengurus lainnya. Dalam pertemuan ini dibahas tentang issu – issu terbaru serta peran strategis pemuka agama.

Dalam sambutannya KH. Munir Holili menghimbau kepada kepara pengurus FKUB bersama para pemuka agama, penyuuh, muballigh dan da’i untuk merapatkan barisan dalam rangka mewujudkan kondusifitas wilayah kabupaten Probolinggo dari segala ancaman yang tidak kita inginkan, sehingga keberadaan forum ini benar-benar mampu mewujudkan kedamaian dan dirasakan betul keberadaannya, janganlah organisasi kita menjadi keberadaannya seperti tidak ada, ini amal kita untuk terus berbuat di tengah-tengah masyarakat yang semakin komplek.

Sementara menurut KH. Abdul Hadi Saifullah bahwa gerak langkah kita harus terus bersinergi dengan para pengurus dan pemuka agama dalam menata kehidupan umat yang semakin hari semakin membaik dari tahun sebelumnya. Situasi probolinggo yang kondusif harus tetap terjaga dengan baik karena kondisi inilah yang akan menguntungkan seluruh pemeluk agama di kabupaten ini, sehingga mereka merasa tenang, aman dan tentram dalam menjalankan agama dan keyakinannya masing-masing. Bukan saatnya lagi ada intimidasi dari berbagai komponen dalam menjalan agamanya saatya bersatu dalam membangun bersama, Indonesia adalah tanah air kita harus selalu dijaga sebagai wujud kecintaan kita kepada agama karena dalam pandangan kita cinta tanah air sebagian dari iman kita.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pembahasan materi dengan tema Peran Strategis Pemuka Agama yang disampaikan oleh KH. Idrus Ali, M.Ag (ketua FKUB Kab. Probolinggo). Menurutnya para tokoh agama setidaknya mengetahui tugas dan perannya terutama peran yang sangat strategis dalam menyikapi perkembangan di era sekarang ini, yang antara lain peran strategis pemuka agama; a. mampu meningkatkan kwalitas agama bagi pemeluknya, b. terus mendorong toleransi agama dengan ketentuan : saling menerima keberadaan umat beragama lain, mengerti kebutuhan beragama lain, percaya dan tidak saling mencurigai antar sesama umat, saling menjaga untuk tumbuh dan berkembang, rela berkorban untuk kebaikan bersama, mengedepankan nilai-nilai Universal.

KH. Idrus Ali mengungkapkan banyaknya tantangan dan permasalahan yang harus kita benahi sebagai rekomendasi kepada pemerintah, terkait perbaikan bidang ekonomi, pendidikan, sosial, politik, budaya dan moralitas bangsa. Dan yang terpenting sikap kita bersama pemerintah menyikapi persoalan krisis moral dan etika bangsa yang bisa mempengaruhi berbagai bidang kehidupan lainnya. Dari Rakor ini semoga bisa menghasilkan rumusan positif yang konkret dan bermanfaat bagi perbaikan masyarakat Kabupaten Probolinggo dan tentunya Negara Indonesia ke depan. (Ansori).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s