LAUNCHING MAJELIS DZIKIR DAN RIJALUL ANSOR

dba cKab. Probolinggo (Humas) Bertempat Di Desa Tunggak Cerme Kecamatan Wonomerto kemaren (23/4) telah dilaksanakan LAUNCHING MAJELIS DZIKIR DAN SHOLAWAT RIJALUL ANSOR PAC GP ANSOR WONOMERTO. Acara ini merupakan salah satu program unggulan Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor untuk membangkitkan semangat juang para pemuda mulai pusat sampai daerah dalam pemahaman keagamaan terkait sikap Nahdlatul Ulama yang toleran dan selalu mengakomodir kepentingan umat secara berimbang sesuai dengan prinsipnya; tasamuh, tawasut, tawazun dan i’tidal. Hadiri dalam acara ini Muspika Wonomerto, Polsek Wonomerto (Bpk Agus S. dan Bpk Anton Hari) Kepala KUA (H. Wawan Ali Suhudi, S.Ag. M.Hum), Penyuluh Agama, Ketua PC GP Ansor Kab. Probolinggo (Sahabat Muhlis, S.Pd), Ketua PC Jamqur Kab. Probolinggo (Ust. Holili), Pengurus Tanfidziyah dan Syuryah MWC Wonomerto, Ketua FKDM Wonomerto Bpk Badrus Sholih, PAC dan PR GP Ansor, PRNU Se Kec. Wonomerto, Ketua Muslimat dan Fatayat NU serta tokoh agama setempat.

Dalam sambutannya ketua PAC GP Ansor Sdr. Agus Busro menyampaikan terima kasih kepada para undangan terutama kepada Muspika dan Kepala KUA Wonomerto, PC GP Ansor Kab. Probolinggo serta kepada semua undangan yang hadir, Acara ini digagas sebagai bentuk kepedulian GP Ansor Wonomerto untuk mewujudkan masyarakat islam yang madani, mampu berfikir dunia dan kental dengan amaliyah akhirat, sehingga keduanya bisa berjalan seimbang. Ansor Wonomerto selain melaksanakan program ini juga bermaksud melaksanakan program yang lain seperti bedah rumah, Kelompok Usaha Bersama (Kube) kelompok tani di masing-masing desa, juga akan mengadakan 100 Banser untuk mengawal umat dari pengaruh ISIS. Sedangkan Majelis Dzikir ini secara kontinoe akan terus dikembangkan yang tentunya tidak lepas dari peran dan dukungan seluruh komponen yang ada baik Muspika, KUA, Penyuluh Agama, MWC-PRNU serta tokoh agama dan tokoh masyarakat yang masih peduli kepada kemaslahatan umat. Harapannya semoga Organisasi yang bebas politik ini mampu memberikan Barokah bagi kita serta umat manusia seutuhnya.

Katib Syuryah MWCNU Wonomerto yang sekaligus Penyuluh Agama menyampaikan terima kasih atas upaya yang dilakukan oleh PAC GP Ansor untuk melakukan perubahan dan langkah kongkrit dalam upayanya membendung pengaruh ISIS dan aliran menyimpang lainnya dengan membentuk Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor, Alhamdulillah atas nama Penyuluh di Wilayah Wonomerto sangat berterima kasih semoga bisa bermanfaat buat semuanya, mampu menjadi obor dan juru penolong dan pencerah bagi umat manusia, sementara atas nama MWCNU Wonomerto memberikan appresiasi kepada Banom, Lajnah dan Lembaga NU yang terus berupaya berinovasi demi kemaslahatan dan kegiatan sosial. Ansor sebagai ujung tombak tentunya harus mampu menyesuaikan dengan namanya sebagai penolong, penggerak untuk melakukan amar ma’ruf wan nahyu anil munkar, amar ma’ruf tentunya harus dilakukan dengan ma’ruf dan nahyu anil munkar juga harus dilakukan dengan ma’ruf. Harapannya berkoordinasilah dengan seluruh komponen dengan baik, sehingga terbangun sinergi yang mampu mewujudkan cita-cita dan tujuannya sesuai dengan PD-PRT GP Ansor.

Bpk H. Wawan Ali Suhudi, S.Ag. M.Hum (Kepala KUA Wonomerto) dalam pesannya menyampaikan beberapa hal penting; Bahwa ISIS tidak kalah bahayanya dengan komonis, ISIS (Iraq and Syria of Islamic State) merupakan salah satu istilah atau kelompok penyebutan yang disinyalir sangat membahayakan agama, namun di Probolinggo saya sama sekali tidak merasa kwatir karena keberadaan NU akan mampu membendung pengaruh-pengaruh negatif ISIS dan sejenisnya, serta dengan keberadaan GP Ansor yang memiliki underbow Banser akan sanggup menumpas ancaman ini, mampu menjadi peredam radikalisme. Bahkan keberadaan Majelis Taklim, Pengajian-pengajian yang lain seperti Jama’ah Sarwe’en, Yasinan dan Waqi’iyan  dan sekarang ditambah dengan Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor akan mampu membendung pengaruh-pengaruh negatif tersebut dalam warna yang berbeda. Dan Banser sebagai ornamen dan bentengnya NU mampu mewujudkan itu semua dengan tetap menganut paham Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Begitu pula pendapat Bpk AKP Agus S dari Polsek menyampaikan bahwa hendaknya setiap ormas manakala mau mengadakan kegiatan sosial maupun keagamaan hendaknya paling tidak untuk memberitahukan kepada pihak polsek dan muspika bahkan keberadaannya harus dilaporkan dan didaftarkan di kantor Linmaskesbangpol sehingga kami para polisi bisa mengetahui setiap kegiatan yang dilakukan di masyarakat.

Ketua PC GP Ansor Kab. Probolinggo (Sahabat Muhlis, S.Pd) menyampaikan agar keberadaan PAC GP Ansor di masing-masing kecamatan dan PR GP Ansor di masing-masing desa harus gigih berupaya membangun mental, dan berperan di masyarakat jangan hanya dalam tataran konsep, Ansor tidak boleh takut dan terlalu kwatir terhadap gerakan semacam ISIS namun yang lebih kita kwatirkan adalah degradasi moral atau dekadensi moral, minuman keras, narkoba bagi kalangan pemuda, ini garapan kita. GP Ansor Probolinggo telah melakukan beberapa kajian, kenapa orang-orang males berjuang dalam suatu ormas. Jawabannya dapat kita simpulkan bahwa kita harus membangun paradigmanya berjuang di ormas bukan untuk mencari kehidupan akan tetapi untuk membangun kehidupan, artinya apa kalau mencari kehidupan hanya sebatas kepentingan pribadi tidak berfikir umat, maka GP Ansor Probolinggo beberapa minggu lalu tepatnya kamis, tanggal 16 April 2015 telah melaunching berdirinya BMT Rijalul Ansor sebuah koperasi yang akan menjadi tulang punggung bagi keberlangsungan organisasi tersebut serta diharapkan mampu menjadi jalan keluar perekonomian umat, yang mengelola cargo pengiriman kilat, pembayaran online dan simpan pinjam. Kita juga akan membantu Polri dengan membentuk 1000 Banser se kabupaten Probolinggo, Balantas (Banser lalu lintas), Batana (Banser Tanggap Bencana) yang nantinya akan bekerjasama dengan BPPD, dan Densus 99 dalam mengendus keberadaan terorisme bersama Densus 88. Juga Banser bagian Protokoler, dan hari ini kita resmikan keberadaan Majlis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor  Wonomerto semoga bisa menjadi contoh bagi yang lain untuk terus berinovasi dalam kehidupan, amin. (Ansori).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s