H. Busthami : Pengawas Diharapkan Memahami Permen-PAN No. 22/2010 dan PMA No. 2/ 2012

Pembinaan Pengawas Madrasah 18-1-2016

Kab. Probolinggo (PendMa) Bertempat di Aula Lt. II Kankemenag Kabupaten Probolinggo, Senin (18/1) Kepala Kemenag Bpk. H. Busthami memberikan pembinaan kepada Pengawas Madrasah Sekaligus Sosialisasi Permen-PAN Nomor 22 Tahun 2010 dan PMA Nomor 2 Tahun 2012. Hadir dalam acara ini Kasubag Tata Usaha Kankemenag (H. Atok Illah), Kasi PendMa (H. Taufik), Analis (Bpk. Abdul Hadi), Pengurus Pokjawas dan semua pengawas madrasah di lingkungan Kankemenag Kabupaten Probolinggo.

Kepala Kankemenag menjelaskan bahwa pengawas madrasah mempunyai tugas melaksanakan pengawasan akademik dan manajerial pada Madrasah. Sedangkan Pengawas PAI pada Sekolah mempunyai tugas melaksanakan pengawasan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah. Selain tugas tersebut ada fungsi yang juga melekat pada seorang Pengawas seperti melakukan penyusunan program pengawasan di bidang akademik dan manajerial; melakukan pembinaan dan pengembangan madrasah; pembinaan, pembimbingan, dan pengembangan profesi guru madrasah;  pemantauan penerapan standar nasional pendidikan; penilaian hasii pelaksanaan program pengawasan; dan pelaporan pelaksanaan tugas kepengawasan. Sedangkan perbedaan dengan pengawas PAI hanya tempat tugas pengawasan di sekolah.

Pembinaan Pengawas 18-1-2016

Selain itu pengawas harus memiliki beban kerja minimal ekuivalen dengan 37,5 (tiga puluh tujuh koma lima) jam per minggu, termasuk pelaksanaan pembinaan, pemantauan, penilaian, dan pembimbingan di Madrasah/Sekolah. Pengawas Madrasah melaksanakan tugas pengawasan terhadap minimal 7 (tujuh) RA, MI, MTs, MA, dan/atau MAK. Pengawas PAI pada Sekolah melaksanakan tugas pengawasan terhadap paling minimal 20 (dua puluh) Guru PAI pada TK, SD, SMP dan/atau SMA. Sedangkan penetapan satuan pendidikan sebagai binaan Pengawas Madrasah dan Pengawas PAI pada Sekolah dilakukan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota atas pertimbangan Ketua pokjawas tingkat Kabupaten/Kota.

Pembinaan Pengawas Kemenag Probolinggo 18-1-2016

Pengawas merupakan jabatan fungsional seperti guru, penyuluh dan beberapa jabatan fungsional lainnya, bahwa setiap pejabat fungsional berlaku ketentuan sebagaimana dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 2 Tahun 2012 pasal 14) pengawas tersebut akan diberhentikan sementara dari jabatannya apabila: a. dalam masa 3 (tiga) tahun tidak dapat memenuhi angka kredit yang dipersyaratkan untuk naik pangkat ke jenjang yang lebih tinggi; b. ditugaskan secara penuh di luar jabatan Pengawas; c. diberhentikan sementara dari PNS oleh Pejabat yang berwenang; atau d. menjalani cuti di luar tanggungan negara.

Oleh karena itu marilah kita bersungguh-sungguh dalam berupaya melaksanakan dengan sebaik mungkin termasuk Analis (UP) Kemenag melakukan koordinasi, kanlkulasi siapa-siapa yang sudah pantas dan layak serta memenuhi kriteria untuk diajukan kenaikan pangkatnya, maka tentunya yang bersangkutan mengajukan dengan persyaratan-persyaratan ang sudah siap dan terpenuhi, semoga acara ini bisa menggugah diri kita untuk terus berbuat dalam menyikapi segala perubahan dan perbaikan kedepan. (Ansori).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s