KUA Wonomerto Roadshow Dari Desa ke Desa Mensosialisasikan ZI dan PP 19/2015

Roadshow dari desa ke desa KUA Wonomerto Sosialisasi ZI dan PP.19 Th 2015Kab. Probolinggo (Humas) Kepala KUA Wonomerto (H. Wawan AS, M.Hum) terus berupaya mensosialisasikan Zona Integritas dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2015 dengan cara Roadshow bersama Muspika (Forkopincam), Penyuluh Agama, PPAI dari desa ke desa dengan memanfaatkan Musyawarah Desa pada saat Musrenbangdes. Ini langkah maju dan terus menjadi upaya karena menurut beliau (Wawan) hanya langkah inilah yang akan mampu mendongkrak secara maksimal dan optimal pemahaman masyarakat terkait penerapan Zona Integritas yang memang dicanangkan oleh Pemerintah. (22/1)

Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dan Musyawarah Desa (Musdes) merupakan kegiatan rutin tahunan yang selalu digelar di masing-masing desa di seluruh Indonesia dalam rangka menata, merencanakan program pembangunan yang ada di Pemerintahan paling bawah tersebut. Kegiatan yang dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam), Tiem dari Kecamatan; Puskesmas, Cabang Dinas, BKKBN, Kepala KUA, Kepala Desa, Sekdes, perangkat desa, BPD, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta perwakilan dari masing-masing dusun merupakan ajang bertemunya berbagai komponen masyarakat dan Pemerintah.

Ada banyak hal yang disampaikan oleh Bpk H. Wawan yang antara lain; 1. Sosialisasi Biaya nikah sesuai PP 19/2015, 2. Penerapan aturan dan persyaratan sesuai uu no 1/74, 3. Pelayanan administrasi sesuai UU no 25/2009, 4. Pencegahan perkawinan dini melalui PUP, 5. Pencegahan kematian ibu dan bayi Lahir melalui kewajiban pemeriksaan kesehatan bagi calon pengantin putri di puskesmas, 6. Penjelasan dan pencegahan paham meresahkan. Secara detail beliau menyampaikan sehingga masyarakat bisa mengetahui tata aturan yang sebenarnya.

Penyampaian Sosialisasi Zona Integritas dan PP 19 Tahun 2015 ini disampaikan pada setiap pelaksanaan Musrenbangdes yang sudah terplanning dengan baik. Dengan rincian pada tanggal (15/1) untuk desa Kareng Kidul, tanggal (19/1). desa Patalan (pagi) dan Sepuhgembol (sore), tanggal (20/1) desa Tunggak Cerme (pagi) dan Jrebeng (sore), tanggal (21/1) desa Pohsangit Ngisor (pagi) dan Sumberkare (sore), tanggal (22/1) Wonorejo (pagi), tanggal (25/1) Pohsangit Tengah (pagi) dan Pohsangit Lor (sore), dan terakhir desa Kedungsupit yang akan digelar pada tanggal (26/1) nanti.

Tidak menyia-nyaakan kesempatan demi turut mensukseskan program pemerintah pada saat yang berbeda Kepala KUA juga melakukan sosialisasi ZI dan PP 19/2015 bersama Penyuluh Agama dan PPAI pada acara Pembinaan Guru TPQ-MADIN se Kecamatan Wonomerto oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Wonomerto. Menurutnya banyak hal yang bisa dilakukan kalau dibangun komonikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak terkait.

Kita appresiatif terhadap apa yang telah dilakukan semoga bisa menjadi rangsangan bagi yang lain dan kita semua untuk melakukan upaya bersama dalam upaya mensukseskan program pemerintah dalam penerapan Zona Integritas di Seluruh Instansi pemerintahan termasuk di Lingkungan Kementerian Agama. (Ansori).

Iklan

2 pemikiran pada “KUA Wonomerto Roadshow Dari Desa ke Desa Mensosialisasikan ZI dan PP 19/2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s