Penandatanganan Akta Ikrar Wakaf Untuk Pesantren

20160422111449Kab. Probolinggo (KUA) Bertempat di kediaman Pengasuh Pondok Pesantren Badridduja Kraksaan, Jum’at, 22 April 2016 Kepala KUA Kraksaan / PPAIW (H. Badri), menghadiri dan menyaksikan Penanda Tanganan Akta Ikrar Wakaf (AIW) atas sebidang tanah.

Bapak Munir telah mewakafkan sebidang tanah miliknya yang luasnya sekitar 285 M² kepada Yayasan Pondok Pesantren Badridduja Kraksaan yang akan dipergunakan untuk kepentingan lembaga dan Pondok Pesantren tersebut.

Pengurusan wakaf sebidang tanah tersebut selanjutnya di urus oleh nadzir yang ditanda tangani oleh KH.  Mohammad Muzayyan (adik KH. Tauhidullah Badri) Kraksaan Probolinggo, dengan saksi-saksi : 1. KH. Tauhidullah Badri 2. Ust. Helmi sebagaimana tertulis di AIW yang kemudian ditandatangani oleh Kepala KUA Kraksaan.

20160422111449 (3)

Selanjutnya Kepala KUA Kraksaan, H. Badri menjelaskan pengertian dan syarat rukun wakaf secara detail, dan penandatanganan Akta Ikrar Wakaf antara Bapak Munir (Wakif) dengan KH. Mohammad Muzayyan (Nadzir) telah memenuhi syarat dan rukun perwakafan. Beliau juga sempat menyebutkan undang-undang perwakafan; (PP) 28 Tahun 1977, UU Nomor 41 Tahun 2004, UU Nomor 3 Tahun 2006.

Sementara dalam Kompilasi Hukum Islam (KHI): Perbuatan hukum seseorang atau kelompok orang atau badan hukum yang memisahkan sebagaian dari benda miliknya dan melembagakannya untuk selama-lamanya guna kepentingan ibadat atau keperluan umum lainnya sesuai dengan ajaran Islam.

Oleh karenanya Badri mengingatkan bahwa tanah wakaf tidak boleh diperjualbelikan kepada siapapun sampai untuk selama-lamanya. Jika dikemudian hari ada ahli waris dan atau bukan ahli waris yang berupaya untuk menuntut atau menggugat haknya, maka dengan dalih apapun tidak dapat mengalihkankan kepemilikannya kepada siapapun kecuali hanya untuk Yayasan Pondok Pesantren Badridduja tersebut. (Ansori).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s