MTs. N Pajarakan Gelar Wisuda Purnawiyata Angkatan XX & Gelar Prestasi

Wisuda Purnawiyata MTsN Pajarakan 2016

Kab. Probolinggo (MTsN) Bertempat di Gedung Islamic Center Kota Kraksaan, Sabtu, 4 Juni 2016, Keluarga Besar MTs. Negeri Pajarakan Menggelar Wisuda Purnawiyata ke-20 dan Gelar Prestasi. Acara tersebut selain dihadiri oleh Kepala Madrasah dan Dewan Guru, turut hadir Kepala Kankemenag, Kasi PendMa, Kepala Bidang Dikmen Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo Kabupaten Probolinggo, Komite Madrasah, Kepala SD/MI, Muspika Kec. Pajarakan dan Kraksaan, serta Para Wali Murid turut meramaikan acara bergengsi tersebut. (4/6).

Kepala Kemenag Buka Wisuda Purnawiyata MTsN Pajarakan

Dalam sambutannya, Kepala Kankemenag, Bpk H. Busthami, meyampaikan kebanggaannya atas komitmen Madrasah Tsanawiyah Negeri Pajarakan dalam mendidik siswa-siswinya untuk menyiapkan generasi unggul di era mendatang. Kematangan fisik menurut beliau hendaknya bisa dibarengi dengan kematangan mental. Dengan kegiatan ini siswa-siswi MTs.N Pajarakan diharapkan mampu merubah image madrasah dari pendidikan yang dinomorduakan menjadi madrasah yang setara dengan pendidikan lainnya, mampu berkiprah dalam perbaikan moral dan mental, selain pengetahuan yang menyeluruh dari berbagai disiplin ilmu yang telah jauh berkembang. Kepala Kemenag berharap : “Para Wisudawan Punawiyata MTs.N Pajarakan menjadi manusia yang Brillian, berhati Makkah dan berotak Jerman. Maksudnya mampu mengikuti perkembangan zaman, dalam berbagai keilmuan, namun tetap memiliki hati yang khusyu’ sebagaimana ajaran pendahulunya dari kalangan sufi serta memenuhi syarat spiritual Islam.

Kabid Dikmen Dinas Pendidikan

Sementara itu, Kepala Bidang Dikmen Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo dalam sambutannya mengharapkan agar para siswa yang diwisuda tetap memiliki dan menjaga ketinggian moral, akhlaqul karimah, karena kecerdasan intelektual akan mampu diwujudkan jika bergandengan dengan kecerdasan spiritual dan emosional, tutupnya.

Mudakkir, selaku Kepala MTs.N Pajarakan menjelaskan bahwa Wisuda Purnawiyata ke-20 ini dihadiri sekitar 750 orang (undangan). Sementara, siswa yang diwisuda berjumlah 173 orang. Kepala madrasah berharap siswa yang diwisuda dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya. Artinya, selepas dari menempuh pendidikan di MTs, siswa tidak boleh berhenti atau menikah sebelum ijazah sarjana diraihnya.

Paparan berikutnya, Kepala MTsN Pajarakan, pada Tahun Pelajaran 2016/2017 mempunyai Program Go Provinsi dan Pendidikan Berbasis Riset (penelitian). Hal tersebut dirancang dan dilakukan untuk mengangkat madrasah di Kabupaten Probolinggo, utamanya MTsN Pajarakan, agar unggul dan berprestasi di Tingkat Provinsi Jawa Timur. Dalam hal riset, siswa dan para guru diharapkan terbiasa dan terampil dalam membuat karya ilmiah (tulis menulis). Hal ini dilakukan untuk menjawab diberlakukannya Kurikulum 2013 yang menerapkan konsep ilmiah. Banyak poin positif yang dapat dirasakan nantinya oleh para siswa dan para gurunya. Untuk menuju hal tersebut, harus dipersiapkan dan dilakukan secara matang dan serius. Ini menjadi tantangan luar biasa bagi kami, ungkapnya.

Kegiatan wisuda tersebut dimulai pada pukul 08.00 dengan rangkaian kegiatan yaitu Kirab Wisudawan/Wisudawati menuju Gedung Islamic Center Kota Kraksaan dengan agenda praacara diisi Kreasi Seni, Pembukaan, Prosesi Wisuda, Sambutan Kepala Madrasah, Gelar Prestasi, Sambutan Kepala Diknas Kab. Probolinggo, Sambutan Kepala Kantor Kemenag.Kab. Probolinggo.

Gelar Prestasi yang menjadi bagian dari rangkaian kegiatan tersebut adalah pemberian penghargaan kepada siswa dan siswi yang telah berprestasi pada Tahun Pelajaran 2015/2016, baik Tingkat Kabupaten maupun Provinsi Jawa Timur. Di samping itu, untuk memperkuat komitmen guru yang telah mengantarkan perserta didiknya, juga diberikan reward (penghargaan) oleh kepala madrasah pada acara wisuda tersebut. Prestasi yang telah dicapai meliputi akademik dan nonakademik. Tepat pukul 12.00 Wib acara Wisuda Purnawiyata tersebut selesai dengan khidmat dan lancar dan kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah. (Ansori).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s