Buka Bersama Di Masjid Ar-Rohiem Kemenag Mengangkat Tema : “Kebahagiaan Bagi Yang Berpuasa”

Buka Bersama Sambutan Kepala

Kab. Probolinggo (Inmas) Menyambut gembira Khotmil Qur’an yang kedua kalinya dalam giat Tadarrus Ramadhan yang dilaksanakan setiap hari senin sampai dengan kamis setiap minggu, kemaren Bpk H. Busthami, menjelaskan bahwa kalau hari ini, kamis, 29 Juni 2016 akan digelar kegiatan buka bersama sebagai bentuk syukur kita kepada Allah Swt. dimana kita dalam kesibukan yang cukup ekstra namun masih diberi kesempatan untuk mengkhatamkan Al-Qur’an hingga dua kali.(29/6).

Buka Bersama1

Acara buka bersama ini bertempat di Masjid Besar Ar-Rohiem Kantor Kementerian Agama Kab. Probolinggo dengan dihadiri Kepala Kankemenag, Bpk H. Busthami, para Kasi dan penyelenggara Syari’ah, Kepala Satker dan Kepala KUA serta Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo baik Struktural maupun fungsional lainnya. Selain para ASN Kemenag juga diundang beberapa tokoh masyarakat setempat.

Mengawali sambutannya Bpk H. Busthami, menyampaikan terima kasih atas kesediaan semua ASN Kemenag menghadiri acara Buka bersama ini, harapannya semoga acara syukuran atas khatamnya pembacaan Al-Qur’an sejak awal Ramadhan hingga saat ini, dan bahkan sampai akhir Ramadhan akan membawa hikmah yang besar bagi kita semua.

Buka Bersama

Karena Puasa itu sendiri akan memberikan kebahagiaan bagi siapa yang menyambutnya dengan baik dan kelapangan dada, sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah Saw. yang artinya : “Bagi orang yang berpuasa itu memiliki dua kebahagiaan; pertama kebagiaan ketika berbuka puasa dan yang kedua kebahagiaan ketika berjumpa dengan penciptanya.” Semoga kita ini akan mendapatkan keduanya, seraya diamini oleh semua yang hadir.

Kemudiaan dilanjutkan dengan Kultum Ilmiyah oleh Kasi Pais Kankemenag, Bpk H. Muh. Barzan, Beliau menyampaikan bahwa setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman dalam hadis Qudsinya, yang artinya : “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya”. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku.

Buka Bersama 2016

Beliau juga menjelaskan dua kebahagian bagi orang-orang yang berpuasa, sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Bpk H. Busthami, yakni bahagia ketika berbuka dan bahagia ketika bertemu dengan Sang Pencipta. Namun selain dua hal tersebut Kasi Pais kemenag ini juga menambahkan dua lagi yakni ; kita juga akan mendapatkan kegembiraan karena puasa mampu memberikan syafaat kepada pelakunya pada hari kiamat, dan yang terakhir kebahagiaan terhadap puasa sebagai kaffarat (pelebur) dosa-dosa.

Dosa menyebabkan kecemasan dan ketakutan karena akibatnya yang buruk, manakala disediakan peleburnya, berarti kecemasan tersebut akan teratasi, pelakunya pun tenang dan berbahagia, sama halnya dengan peminum racun yang membahayakan, ketika penawarnya ditemukan, dia akan senang sekali. Mengakhiri kegiatan buka bersama ini kemudian ditutup dengan doa yang dipandu oleh H. A. Wafi, Kasi Bimas Islam, seraya berdoa dan diamini oleh para undangan dengan harapan kita semua bisa memasuki pintu Rayyan sebagaimana yang telah dijanjikan oleh Allah Swt. amin. (Ansori).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s