Bupati Probolinggo Kukuhkan Satgas Saber Pungli

bupati-kukuhkan-satgas-saber-pungli-probolinggo

Kab. Probolinggo, 30/1 (Inmas) Dalam upaya untuk mewujudkan Prinsip Good goverment dan good governace sekaligus gerak nyata dari adanya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 tahun 2016 tentang Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli). Maka Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo bersama Jajaran Forkopinda, Senin, 30 Januari 2017 mengukuhkan Satgas Saber Pungli bertempat di Pendopo Kabupaten Probolinggo.

Acara pengukuhan oleh Bupati Probolinggo, Ibu Hj. Puput Tantriana Sari tersebut dihadiri Jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo, Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SKPD), Kepala Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo, Bpk H. Santoso bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat yang lain.

Dalam sambutannya, Kapolres Probolinggo, AKBP Arman Asmara Syarifuddin mengatakan : Pengukuhan Satgas Saber Pungli di Kabupaten Probolinggo merupakan yang pertama kali di Provinsi Jawa Timur karena hal ini dilandasi Permintaan Bapak Kapolda untuk melakukan pengukuhan Satgas Saber Pungli tersebut sebagai percontohan di Jawa Timur.

Kapolres menambahkan praktek pungli tidaklah dipandang dari besar-kecilnya (pungutan), akan tetapi dengan hadirnya layanan publik yang betul-betul bebas dari pungli, bebas dari kerusakan, bebas dari moral yang buruk, yang secara akumulatif merupakan tindakan yang merugikan orang banyak, jelasnya.

“Saber pungli sudah sesuai dengan fungsi yang diamanatkan pada Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016, yakni fungsi intelijen, pencegahan, penindakan dan yustisi.”

Kapolres mengajak masyarakat untuk turut mengawasi kinerja Pemerintah, khususnya Pemerintah Kabupaten Probolinggo untuk melaporkan bilamana terdapat tindakan yang menyalahi aturan yang berlaku, baik secara langsung maupun tidak langsung, melalui media elektronik ataupun non elektronik sebagai pemberian informasi, mengadukan, melaporkan atau dalam bentuk lain sesuai ketentuan perundangan yang berlaku, jelas Kapolres yang energik tersebut.

Sementara Bupati Probolinggo Hj. Puput Tantriana Sari, SE menjelaskan bahwa : “Terbentuknya Unit Saber Pungli merupakan kebersamaan kita untuk memastikan adanya sebuah proses pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat khususnya di kabupaten Probolinggo”

Bagaimana pelayanan itu berjalan secara cepat, murah, baik dan transparan, ungkap Bupati Probolinggo Ibu Hj. Puput Tantriana Sari saat memberikan Sambutan. Beliau juga mengucapkan

“Selamat kepada Tim Saber Pungli” Semoga kehadiran Unit Saber Pungli ini bisa memastikan pelayanan yang baik dan bebas dari pungli.

Apa yang telah disampaikan oleh Kapolres dan Kepala Kejaksaan Kabupaten Probolinggo, Bahwasanya unit saber pungli ini harus mengedepankan sosialisasi, pencegahan (Preventif), dan apabila sudah diberi peringatan masih tetap melakukan hal yang sama silahkan ditindaklanjuti.

Atas nama Bupati dan mewakili segenap masyarakat Kabupaten Probolinggo, semua aparat tidak hanya sebagai Pimpinan dari para perangkat PNS di bawah naungan Pemkab Probolinggo tetapi semuanya termasuk di bawah Polres, Kejaksaan, termasuk anak buahnya Pak Santoso (Kemenag), Kepala Pengadilan Agama bahwasanya masyarakat menginginkan proses bekerja dengan tenang dan nyaman, tutupnya.

Pada waktu yang sama telah ditandatangani MoU antara Pemerintah Daerah dan Kejaksaan Kabupaten Probolinggo yang secara resmi dilakukan oleh Bupati Probolinggo, Hj. Puput Tantriana Sari, SE dan Bpk Edi Sumarno dan selanjutnya ditutup dengan doa oleh H. Santoso, Kepala Kankemenag Kabupaten Probolinggo. (Ansori).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s