Kasi Bimas Bina Kepala KUA dan Penyuluh Agama

bina-penyuluhKab. Probolinggo (Bimas) Untuk meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama di Wilayah Kecamatan, Selasa, 31 Januari 2017 Tim Bimas Kankemenag melakukan Turba ke KUA Bantaran dengan maksud dan tujuan untuk melakukan Monitoring dan Evaluasi Kinerja ASN di Wilayah Kecamatan Bantaran, Kuripan dan Sumber.

Acara Monev ini dihadiri Kasi Bimas, H. A. Wafi bersama Tim Bimas. Hadir pula Kepala KUA Bantaram, Ananto Pratikno, KUA Kuripan Eko, KUA Sukapura Qodri, KUA Wonomerto H. Wawan AS, Pel. Humas Kemenag, Ansori Penyuluh Agama Bantaran Hasan Basri serta para penyuluh agama islam Non PNS dari ketiga KUA tersebut.

Kasi Bimbingan Masyarakat Islam, berharap adanya monev ini bisa meningkatkan kemampuan manajerial dan kinerja KUA terhadap pelayanan masyarakat. Sementara para penyuluh agama bisa berkontribusi nyata dalam mengaplikasikan keilmuannya di masyarakat baik melalui pembinaan khusus, umum atau membantu program kursus pengantin (Suscatin) di KUA setempat.

“Kita sebisa mungkin untuk melakukan terobosan-terobosan demi mendorong peningkatan kualitas kinerja dan sumber daya manusia”, ungkap kasi Bimas.

Secara institusional KUA sebagai unit kerja terdepan dari Kementerian Agama yang tentunya menjadi ujung tombak kemenag dalam pelaksanaan tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat terutama dalam bidan keagamaan.

Selanjutnya, Kasi Bimas menambahkan bahwa tugas pelayanan KUA meliputi layanan nikah, rujuk, bimbingan calon pengantin, pembinaan keluarga sakinah, pembuatan akta ikrar wakaf, pengukuran arah kiblat, pembinaan kemasjidan, penyuluhan agama, zakat, ibadah sosial, bimbingan muallaf, manasik haji, kerukunan umat beragama, pembinaan majelis taklim, sosialisasi produk halal, hisab rukyat dan pembinaan LPTQ.

Selain itu perangkat KUA, mulai dari Kepala, PPAI, Penghulu, Penyuluh agama baik yang fungsional maupun Non PNS hendaknya bisa membangun komonikasi lintas sektoral dengan pemerintah setempat dan pimpinan ormas islam agar program kemenag bisa diketahui masyarakat umum, tutupnya. (Ansori).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s