Penyuluh Non PNS Wonomerto Terima SK

Kab. Probolinggo (KUA) Hari ini Jum’at, 3 Pebruari 2017 Kepala KUA Wonomerto H. Wawan AS dengan didampingi Penyuluh agama fungsional menyerahkan SK penyuluh agama islam non PNS tersebut secara bergantian.

Kepala KUA kecamatan bersama Penyuluh agama fungsional selanjutnya menyerahkan SK tersebut sesuai dengan yang telah direncanakan. Dalam penyerahan SK tersebut juga dilaksanakan pembinaan dan pengarahan oleh Kepala KUA, Penyuluh agama fungsional dan penghulu kecamatan. Karena masing-masing penyuluh telah memiliki tugas yang meliputi; melakukan pembinaan 1. Baca tulis Al-Qur’an, 2. Aliran radikalisme dan sempalannya, 3. Kerukunan umat beragama, 4. Produk halal, 5. Zakat, 6. Waqaf, 7. Keluarga Sakinah, 8. Narkoba dan HIV/Aids.

Wawan menjelaskan secara kronologis terbentuk penyuluh agama dalam menjalankan perannya di masyarakat Permasalahan keagamaan yang berkembang saat ini benar-benar memerlukan keseriusan kita untuk peka menyikapi kondisi dan perjalanan umat. Permasalahan keagamaan tidak sebatas pada pendataan, pendataan hanya sebagian dari tugas penyuluh agama tersebut; mulai dari membuat program kerja penyuluhan, rencana kegiatan/ kerja operasional, mendata potensi wilayah, membuat laporan mingguan, melaksanakan penyuluhan, melakukan pemantauan dan Evaluasi pelaksanaan BP, membuat laporan pelaksanaan pelayanan konsultasi agama dan pembangunan.

Selain itu penyuluh agama harus memahami tugasnya dan terus belajar dan belajar karena ilmu pengetahuan itu berkembang mengikuti zamannya. Peran serta penyuluh agama sangat kita butuhkan apalagi kedepan Kantor Urusan Agama (KUA) menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan akan kita libatkan para penyuluh dalam kegiatan umum bahkan akan disosialisasikan dalam pertemuan tingkat Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), tandasnya. (Ansori).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s