E-Planning Jadi Bahasan Khusus Kemenag

E-Planning KUAKab. Probolinggo (Bimas Islam) Bertempat di Aula Al-Ikhlas Lt. II, Rabu tanggal 3 Mei 2017 Seksi Bimas Islam dengan didampingi Perencana Kemenag Lukman Hakim memberikan sosialisasi E-Planning kepada jajaran Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se kabupaten Probolinggo. (3/5).

Sosialisasi kali ini merupakan tindak lanjut hasil Sosialisasi E-Planning bulan lalu yang diikuti Perencana Kemenag kabupaten/kota serta operator Bimas Islam se Jawa Timur di Kanwil Kemenag Jatim. Tepatnya, tanggal 25 April 2017 membahas E-Planning Bimbingan Masyarakat Islam Tahun 2018.

E-Planning merupakan aplikasi perencanaan berbasis online. Anggaran pada ditjen Bimas Islam yang selama ini bisa dibilang kecil, perlu didongkrak dengan melengapi data. Data tersebut dilakukan penginputan seluruh kebutuhan usulan. E-planning merupakan langkah awal untuk mengerjakan RKAKL. Setelah input akan diverifikasi Perencana Bidang Bimas Islam Kanwil. Seluruh data dimasukkan berdasarkan data pendukung secara faktual.

Menurut Lukman E-planning bertujuan untuk menggali potensi Bimas Islam terutama KUA dengan disertai data pendukung sehingga asumsi anggaran yang dibutuhkan untuk tahun mendatang bisa diketahui dengan pasti. Selain itu E-Planning berfungsi Untuk mendata semua komponen dan kebutuhan bimas Islam termasuk bimas islam, zawa dan penais dan KUA.

Semua Satker wajib mengisi E-planning karena akan berdampak pada penentuan pagu dalam penyusunan RKA-KL 2018 walau dalam asumsinya, E-planning tidak sama dengan RKA-KL namun dalam pengerjaannya RKA-KL harus melakukan pengisian melalui E-Planning.

Sementara Kasi Bimas Islam H. A. Wafi menambahkan bahwa saat ini memiliki beberapa aplikasi yang harus dikerjakan dengan baik, mulai dari Simkah, E-Billing Simponi, E-Monitoring KUA, dan sekarang ditambah dengan E-Planning, mari kita tingkatkan komitmen kita demi kebaikan bersama, harapnya. (Ansori).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s