​Kultum hari pertama, Sutiyono sampaikan tema : Memperkuat Ukhuwah Islamiyah

IMG-20170530-WA0095Kab. Probolinggo (Inmas) Puasa salah satu unsur penting ritual dalam Islam, puasa Ramadan merupakan peribadatan yang telah dijanjikan Allah dengan pahala yang berlipat,  ampunan dibuka seluas-luasnya. (30/5).

Sebuah hadis Nabi MuhammadbSaw menyebutkan; puasa Ramadhan merupakan ibadah yang sangat rahasia. “Hanya Allah dan orang yang berpuasa saja yang mengerti hakikatnya”, ulas Sutiyono.

Kita harus meyakini bahwa barokah bulan Ramadhan diperuntukkan bagi orang-orang yang beriman sekaligus sebagai pertanda bahwa rahmat Allah Swt tidak terbatas dalam kehidupan.
Perintah puasa di bulan Ramadan memiliki peran penting dalam mempererat ukhuwah islamiyyah (persaudaraan Islam), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan sebangsa), maupun ukhuwah insaniyah (persaudaraan sesama), inilah bilamana puasa kita telaah dari dimensi yang lebih luas.

Dari puasa kita bisa belajar arti penting rasa kebersamaan dalam satu nasib, serta menumbuhkan semangat saling membantu sebagian pondasi dasar ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah insaniyah. Jadi rasa lapar dalam berpuasa mengajarkan arti kemanusiaan kepada kita umat muslim. Sementara menahan dalam berpuasa bisa kita maknai menahan segala sesuatu yang berpotensi merusak tata hubungan sosial bermasyarakat. Kalau saja kita mau mawas diri dan bertenggangrasa maka kemaslahatan akan tercipta dengan baik. (Ansori).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s