Rukyatul hilal 1 syawal tahun ini dipindahkan ke Pantai Duta

BHR2Kab. Probolinggo (Inmas) Untuk menentukan awal Syawal 1438 H. Tim BHR Ru’yatul Hilal Kabupaten Probolinggo yang terdiri dari Unsur Kemenag, Pengadilan Agama Kraksaan, perwakilan ormas dari NU,  Muhammadjyah,  persis,  al Irsyad, pondok pesantren bersama para tokoh agama, Sabtu sore (24/6/2017) akan menyelenggarakan rukyatul hilal di Pantai Duta Paiton dan sebelumnya telah dilakukan kajian khusus dengan penghitungan astronomis (hisab) oleh Tim sebagai pedoman data pelaksanaan rukyat hilal tersebut.

Alasan mendasar beralihnya tempat pemantauan dari Pantai Gili Ketapang ke Pantai Duta Paiton disebabkan faktor cuaca dan ombak saat menyebrangi laut ujung utara Probolinggo ditambah minimnya fasilitas dan sarana prasarana menjadi kendala tersendiri dalam proses rukyatul hilal di pulau Gili.

BHR3

Konon, dalam sejarahnya dan tradisi Al-Arif billah KH. Moh. Hasan Genggong (Kyai Hasan Sepuh) dan beberapa tokoh agama kala itu melaksanakan rukyat di Pantai Nambangan Pajarakan,  namun karena saat ini Penambangan sudah tidak memungkinkan lagi karena ditempati proyek dan tambak, maka dipilihlah Pantai Duta sebagai tempat observasi hilal.

Kalau diamati, posisi Pantai Duta cukup strategis dan dapat memudahkan masyarakat khususnya yang berada di wilayah timur. Selain untuk syiar dan memasyarakatkan objek lokasi wisata baru pemerintah daerah; Pantai Duta bisa dikatakan memiliki panorama eksotis dan kita berharap Pemerintah daerah kiranya akan menyediakan tempat permanent untuk dijadikan lokasi rukyatul hilal sehubungan Probolinggo belum memiliki markaziyyah yang patent dan menjadi standart nasional, harap salah satu Tim BHR Kemenag.

Kepala Kemenag, H. Santoso selanjutnya menugaskan Ketua BHR,  Drs.  Haris Hikmawan untuk melaporkan hasil rukyat ke BHR Jawa Timur dan Pusat sebagai pijakan yang ditindaklanjuti dalam sidang Itsbat oleh Menteri Agama RI.

Kami mengajak warga sekitar agar tidak melewatkan sejak Sabtu petang, ikut menyaksikan momen hilal yang kemungkinan dapat dilihat dari lokasi pantai Duta Paiton, Namun jika kondisi cuaca mendukung, ungkap M. Imamuddin NF selaku sekretaris BHR.

Berdasarkan perhitungan hisab, posisi hilal pada tanggal 29 Ramadhan sebagai berikut : Markaz Pantai Duta Paiton Probolinggo. Posisi titik koordinat 7’42” LS 113’28” BT,  tinggi tempat 1 mdpl diatas permukaan laut.

Ijtimak atau konjungsi sabtu 24/6/2017 jam 09.32 WIB. terbenam matahari 17.19 WIb,  terbenam bulan pukul 17.37 WIB, Azimut matahari 293′ 28′ 59″ azimut bulan 290′ 14′ 59″ tinggi hilal hakiky 04′ 01′ 37″ tinggi hilal mar’iy 03′ 34′ 17″ . Keadaan hilal miring ke selatan dengan  durasi 18 menit.

Berdasarkan data diatas, diprediksi potensi hilal terlihat sangat memungkinkan sehingga 1 syawal tahun ini akan serentak  jatuh pada Ahad, 25 Juni 2017.

Dari beberapa tempat ru’yatul hilal di Indonesia, Tim Condro Dipo Gresik hilal dapat terlihat pada pukul 17.25: dengan saksi 1. H. Inwanudin utusan dari NU Gresik 2. H. Azhar dari PWNU Surabaya, utusan Ponpes AL-Fatih Surabaya dan hilal juga terlihat di Kupang dan beberapa daerah lain, selanjutnya kita akan menunggu Keputusan Sidang Itsbat oleh Menteri Agama RI. (Inf/Aan Mp).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s