​Kasubag TU, H. Fausi : Penyuluh agama pengawal Aqidah Umat

Kab. Probolinggo (Pokjaluh) Selain pengarahan dari Kepala Kankemenag Kabupaten Probolinggo Bapak H. Santoso, Kasubag Tata Usaha Kankemenag H. Fausi berkesempatan pula memberikan pencerahan bagi para penyuluh agama islam wilayah barat dalam rangka Halal Bi Halal Penyuluh agama islam fungsional dan non PNS, bertempat di LPI Nurur Rohmah Bantaran (11/7/2017).

Tema yang disampaikan Kasubag : “Penyuluh agama pengawal aqidah umat”. Seperti yang telah disampaikan oleh kepala Kanlemenag bahwa penyuluh agama harus bisa berinovasi dan inprovisasi seperti yang dilakukan teman teman penyuluh selama ini. Baik melakukan kegiatan penyuluhan, pembinaan keumatan, pemberdayaan ekonomi hingga penerapan aplikasi.

Namun, menurut kasubag penyuluh jangan sampai lupa pada tugas pokoknya untuk tetap menjaga isensi dan materi penyuluhannya, sasaran dan objek dakwah haruslah menjadi perhatian.

Perkuatlah Aqidah mereka karena jika aqidah mereka sudah kuat, pastinya mereka tidak akan berani melakukan kecurangan dan kemaksiatan. Dalam berdakwah, perubahan pertama yang diseruka oleh Rasul-rasul Allah. Rasulullah saw. memperjuangkan aqidah islam selama 13 tahun di Makkah, kemudian di Madinah untuk menegakkan pilar-pilar tauhid.

Jika dianalogikan, keterkaitan syariat dengan Aqidah seperti bagian dari sebuah pohon. Aqidah diibaratkan seperti akar sebuah pohon, bila akarnya kokoh, maka kokohlah pohon tersebut. Sementara syariat diibaratkan sebagai dahan dari pohon, yang merupakan bagian dari aqidah. Jadi, aqidah adalah suatu fundamen dari implementasi syariah.

Mempertajam keimanan sebagai konsekuensi  sikap dalam menerima berita dan tunduk kepada hukum. Keimanan itu merupakan ‘aqidah dan pokok, yang diatasnya berdiri syari’at Islam.

Keimanan yang mantap dapat terwujud dengan adanya perenungan terhadap ayat-ayat kauniyah dan ayat-ayat Qur’aniyah agar terwujudnya rasa penghambaan diri kepada Allah, Sang Pencipta.

Semua itu juga ditopang faktor pendidikan formal dan informal serta media sangat mempengaruhi kekuatan aqidah seseorang. Disinilah peran kita sebagai abdi masyarakat sangat diperlukan, tutupnya. (Ansori).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s