Buka manasik haji, Ka.Kanwil Kemenag Jatim : Luruskan niat untuk ibadah, tanggalkan semua status sosial

20170713_133420Kab. Probolinggo (PHU) Bertempat di Ballroom Pasebansena Jl. Suroyo No 50 Probolinggo, Sekitar 785 Calon Jamaah Haji Kabupaten Probolinggo hadir untuk mengikuti pembukaan manasik haji. (13/7/2017).

Giat manasik kali ini, secara resmi dibuka Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Bapak Drs. H. Syamsul Bahri, M.Pd. Acara ini dihadiri oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Probolinggo H. Santoso, Kasubag TU H. Fausi, Kasi Haji H. Mukhlason dan 24 Kepala KUA turut serta mendampingi 785 CJH yang sebelum adanya jamaah tunda, mutasi, hamil dan wafat berjummlah 792 orang. Ada 2 orang yang sakit, 1 orang hamil dan sisanya tidak bisa melunasi, sehingga harus tertunda, jelas Santoso.

Mereka terkumpul dalam dua kloter, yang nantinya akan dipandu dan dilayani oleh petugas yang telah ditentukan. LKloter 51 (TPHI Drs. H. Taufik, M.PdI, TPIHI Drs. H. Rosyadi Badar, M.Ag. TKHI dr. Islah, dr. Mas Yopy, dr. Ashar) dan kloter 52 TPHI H. Drs. Syamsul Huda, M.Pd, TPIHI. H. Mahalli Hasan, M.PdI TKHI dr. Asih, dr. Andriana, dr. Haris, dan lima orang TPHD. Selain itu Kasubag TU Kemenag Probolinggo H. Fausi masuk kloter 83 namun belum tau menyertai kabupaten mana, tutup Santoso.

Untuk itu agar jamaah benar-benar bisa beribadah lebih lancar dan khidmat, diperlukan ukuran tangan dari masyarakat untuk memberikan bimbingan ibadah calon jamaah haji.

Keberhasilan penyelenggaraan haji ditentukan oleh empat faktor. Pertama, seluruh jamaah yang mendaftar bisa diberangkatkan ke Tanah Suci. Kedua, Jamaah memperoleh bimbingan, pelayanan, akomodasi di Tanah Suci. Ketiga, seluruh jamaah bisa melaksanakan wukuf, bagi yang sakit disafariwukufkan, dan yang meninggal dibadalhajikan. Keempat, seluruh jamaah yang telah berhaji bisa dipulangkan ke Tanah air kecuali yang wafat tambah Santoso.

Kakanwil Kemenag Jatim Bapak H. Syamsul Bahri mengajak CJH dan petugas yang akan menyertai jamaah; “luruskan niat dan tanggalkan semua status sosial. Dengan niat ikhlas yang mantab Allah Swt. akan dimudahkan ibadahnya, dan pulang kembali ke tanah air dengan menyandang ibadah haji yang mabrur-mabruroh, harap Ka.kanwil. Para petugas tinggalkan tindakan yang merugikan jamaah. Mereka adalah para tamu Allah, kita harus sopan, jangan buruk sangka kepada siapapun, apalagi saat beribadah.

Selanjutnya Ka. Kanwil bersama para calon jamaah haji mengumandangkan talbiyah yang diikuti secara serentak. Gema talbiyah memenuhi ruangan Ballroom Pasebansena.

Kementerian agama bersama pemerintah memfasilitasi mulai dari manasik, pemberangkatan, pelaksanaan hingga pemulangan. Pelayanan ibadah haji menjadi tanggung jawab pemerintah untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan bagi jamaah. Bukan saja Kementerian Agama, melainkan melibatkan beberapa kementerian dan lembaga karena ibadah haji merupakan tugas nasional, tandasnya. (Ansori).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s