Sambut HAB Kemenag RI ke 72, Penyuluh Agama Probolinggo Gelar Santunan Anak Yatim

Kab. Probolinggo (Bimais) Menjelang Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI yang ke 72 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo menggelar beberapa kegiatan sebagaimana telah kita publis beberapa minggu lalu. Dan hari ini, Rabu, 6/12/2017 Bimas Islam Kanlemenag menggelar Santunan sosial kepada 40 anak yatim yang dipusatkan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Leces.
 Acara diawali dengan pembacaan Sholawat Simtutduror oleh santri putri PP. Zainul Hikam Leces dan pembacaan kitab kuning salah satu peserta Juara I MQK Nasional di Madura dengan reword ibadah umroh tahun ini. Kemudian apresiasi dan ucapan terima kasih disampaikan Kepala KUA Leces Drs. H. Ali Shodiq, M.PdI. Beliau juga menambahkan bahwa warga Leces infonya ada yang kembali meraih juara MQK Nasional di Jepara bahkan saat ini masih berada di sana.

Kepala Kankemenag Bpk H. Santoso, S.Ag. M.Pd dalam sambutannya juga memberikan apresiasi kepada para penyuluh agama islam fungsional yang telah memberikan inisiatif dan tindakan nyata dengan kegiatan yang menurut saya pribadi dapat melatih diri untuk peduli sesama. Kepedulian kepada sesama secara sosial amatlah penting. 
“Terkadang kita merasa sulit untuk mengeluarkan sebagian dari apa yang kita miliki padahal hal itu merupakan ajaran agama yang manfaatnya akan dirasakan sesama dan kelak dibakhirat akan berguna untuk kita.”
Sambutan Kepala Kemenag H. Santoso, S.Ag. M.Pd. dapat kita simpulkan berikut ini; 1. Menumbuhkan kecintaan kita kepada ALLAH SWT. 2. Mampu meneladani Uswah Hasanah Rasulullah SAW., 3. Apresiasi kepada Pokjaluh Probolinggo mampu menggagas giat santunan anak yatim, 4. Dengan penampilan beberapa prestasi menggugah kita semua untuk terus semangat memupuk santri dalam menumbuhkan potensi santri pelajar, 5. Orang tua dan kita semua terus mengarahkan mereka agar menjadi anak yang baik, sholih-sholihah dengan mencarikan tempat pendidikan yang baik, 6. Untuk mendapatkan reword itu sulit tanpa adanya dukungan dan dorongan dari kita selaku orang tua dan yang ke 7. Jauhkan anak anak kita dari paham paham radikal dan penyalahgunaan narkoba
Berikut beberapa kupasan ayat ayat Al-Qur’an dan Al-Hadis yang yang memberikan gambaran terkait anak yatim. 
“Allah berfirman, artinya,“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin….”(QS. An-Nisa’ : 36).

“Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, …”. (Q.S. Al-Baqarah, 2 : 177)

“Aku dan pemelihara anak yatim di surga seperti ini (dan beliau memberi isyarat dengan telunjuk dan jari tengahnya, lalu membukanya (HR. Bukhari, Turmudzi, Abu Daud).

Dan pada kegiatan yang sama para penyuluh mengumpulkan dana santunan korban banjir Pacitan, Suharto berharap kegiatan ini akan berdampak positif bagi kehidupan dan kemanusiaan. Selain dihadiri Kepala Kemenag hadir pula Kepala Seksi Bimas Islam Drs. H. A. Wafi, M.PdI, Kepala KUA Leces Drs. H. Ali Shodiq, M.Pd, para penyuluh agama, PPAI, Penghulu dan toga tomas setempat. Acara kemudian ditutup dengan doa setelah penyerahan santunan secara simbolis diawali oleh Kepala Kemenag dengan didampingi Ketua SPAK Probolinggo Ibu Hj. Muzayyanah Santoso. (Ansori).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s