Bersama Kemenag dan Tim, BWI Jatim Survey Lokasi Ruislagh Tanah Wakaf Toll Paspro

Kanwil Kemenag Jatim Bersama BWI Jawtim Survey Lokasi Wakaf Tol Paspro

Kab. Probolinggo (Inmas) Selasa, 30 Januari 2018,  Tim Kemenag dan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Provinsi Jawa Timur dijadwalkan akan melakukan Survey Lokasi Ruislagh untuk dua lokasi yang terkena proyek Jalan Tol Paspro; Masjid Nurul Huda Desa Kedungsupit dan Madrasah Nurul Iman Desa Sumberkare Kecamatan Wonomerto. (30/1/2018).

Survey lokasi ini juga melibatkan Pihak PPK Tol Paspro bersama Tim Ruislagh sesuai dengan SK Bupati Probolinggo Nomor : 220/694/426.32/2017 tertanggal 5 Juli 2017 tentang  “Pembentukan Tim penilai keseimbangan tukar menukar harta benda wakaf pada kecamatan Wonomerto hingga terbitnya keputusan ganti rugi lahan dari Bupati probolinggo.

Sebelumnya acara diawali dengan Rapat Koordinasi bertempat di Hotel Bromo Park Jl. Dr. Soetomo Probolinggo. Mengawali sambutannya, Kemenag yang dalam hal ini diwakili Kasubag TU H. Fausi, SE, M.HI. M.PdI menyampaikan terima kasih kepada semua Tim atas progress yang telah dicapai semoga kedepannya akan lebih mudah dalam penyelesaian pembangunan Jalan Tol yang merupakan program nasional tersebut. Terkait Masjid Nurul Huda Kedungsupit semoga masjid akan lebih makmur dan dicintai jamaah, juga Madrasah nurul Iman Sumberkare akan lebih indah bangunannya serta mampu mencetak generasi muda yang berilmu dan berkarakter. Kepada Kepala Bidang Penaiszawa Kanwil Kemenag Jatim Dr. H. Barnoto dan Kasi Pemberdayaan Wakaf Drs. H. Supriyadi, MM. juga Ketua BWI Provinsi Jawa Timur Prof. Dr. Ali Mas’oud kami sampaikan terima kasih yang tak terhingga semoga acara demi acara akan berjalan lancar sesuai harapan.

Tim Kemenag telah melakukan Langkah-langkah dipersiapkan sesuai dengan  Undang-Undang perwakafan ditambah dengan PMA kemudian disesuaikan dengan ketentuan undang undang tol dan diyakini  tidak bertentangan dengan syariat, Jelasnya.

Terkait wakaf juga telah diatur dengan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1977 tentang Perwakafan Tanah Milik dan Peraturan Menteri Agama Nomor 1 Tahun 1978 tentang Peraturan Pelaksanaannya. Dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria, secara tidak langsung wakaf tanah disebut dalam satu bagian tentang hak-hak tanah untuk keperluan suci dan sosial, meskipun tidak secara detail. Kemudian, sejak tahun 2004, peraturan perundang-undangan wakaf disempurnakan lagi melalui Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang wakaf dan peraturan perundangan turunannya, tambah Fausi.

Paparan di atas menunjukkan, betapa wakaf tanah telah mendapat perhatian serius dalam sistem perwakafan dalam Islam, dan hukum positif negeri ini. Hal ini dapat dipahami karena jenis wakaf tanah tergolong fix asset yang memiliki nilai strategis dalam kehidupan umat manusia yang memiliki sandaran teologis dalam sistem keyakinan Islam.

Ketua BWI Jatim Prof. Dr. Ali Mas’oud dalam arahannya memberikan ulasan terkait percepatan penyelesaian wakaf yang menjadi lintas Jalan ini, dalam pernyataannya pergantian ganti rugi sudah harus sesuai dengan ketentuan yang ada dan benar-benar memberikan manfaat sebagaimana tujuan perwakafan. Sementara Kabid Penaiszawa Provinsi menyampaikan bahwa di Jawa Timur ada 11 Kabupaten Kota yang tanah wakafnya terkena jalur Tol, di Jombang misalnya ada 4 kecamatan pada 7 titik sementara di Probolinggo ini ada 2 titik di satu kecamatan Wonomerto. Kita dituntut kerja keras, kerja tuntas, kerja cerdas dan kerja ikhlas sesuai dengan motto kementerian agama “Ikhlas Beramal”.

Untuk itu perlu dilakukan percepatan karena sebagaimana disampaikan oleh PPK Tol Paspro Agus jalan tol tersebut akan diresmikan langsung oleh Presiden RI bulan mei depan. ulas Dr. Barnoto.

Syukur Rekomendasi Bupati Probolinggo sudah didapatkan sebagaimana yang disampaikan oleh HM. Haris HK Penyelenggara Syari’ah Kankemenag Kabupaten Probolinggo saat membacakan laporan terkait wakaf tersebut, harapannya semoga program pembangunan tanah wakaf hingga pemamfaatannya akan lebih bermakna dan bermartabat. Nantinya akan ada 2 rekomendasi dari BWI Jatim dan Kanwil Kemenag Jatim ke Dirjen Bimas Islam RI hingga kemudian akan meminta persetujuan Menteri Agama.

Sementara pihak PPK Tol Paspro, Agus menyatakan pihaknya telah lama berkoordinasi dengan Tim Ruislagh yang telah mendapatkan SK Bupati tersebut demi lancarnya kegiatan tanpa adanya unsur yang merugikan siapapun, ulasnya.  Di Indonesia terkait jalan tol memang sering rumit, pernah disampaikan oleh Dirjen Bimas Islam yang seraya prosedural jarang terjadi dan mungkin baru probolinggo. Hal mana peremian tol paspro akan diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Untuk lembaga pendidikan sudah dibongkar dan dibangun sudah melalui mekanisme dan untuk masjid nurul huda kedungsupit yang mau bergulir. Terobosan yang pernah jadi bahasan di Medan beberapa waktu lalu, melalui pertemuan kali ini dalam proses perjalanan kedepan diperlukan petunjuk regulasi dari Kanwil Kemenag Jatim agar tidak melanggar norma-norma dan aturan wakaf, kupas Agus.

Kegiatan ini dihadiri Ketua BWI Provinsi Jawa Timur Prof. Dr. Ali Mas’oed, MA. Kepala Bidang Penaiszawa Kanwil Kemenag Jatim Dr. H. Barnoto Kasi Pemberdayaan Wakaf Jatim Drs. Supriadi, MM., Kasubag TU H. Fausi, SE. M.HI. M.PdI, Penyelenggara Syari’ah Drs. H. Muh. Haris HK, M. PdI, PMD Heri S dan Adimas, Camat Wonomerto Taufik Alami, S.Sos. M.Si., BWI Perwakilan Probolinggo H. Basar, SH. Pembina dan Ketua MUI, Kepala KUA Wonomerto serta Nadzir wakaf dari kedua lembaga pendidikan dan masjid yang terkena tol Paspro. (Ansori).

Iklan

Satu respons untuk “Bersama Kemenag dan Tim, BWI Jatim Survey Lokasi Ruislagh Tanah Wakaf Toll Paspro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s