Survey Lokasi Calon Penerima SBSN

Survey CP SBSN

Kab. Probolinggo (KUA) Eksistensi Kantor Urusan Agama sebagai institusi pemerintah dapat diakui keberadaannya, karena telah memiliki landasan hukum yang kuat dan merupakan bagian dari struktur pemerintahan di tingkat Kecamatan. (7/2/2018).

Sebagai lembaga pemerintah, KUA berfungsi menyelenggarakan statistik dokumentasi, menyelenggarakan dalam mengurus persuratan dan kearsipan, melaksanakan pencatatan Nikah- Rujuk, pembinaan kemasjidan, ZIS, wakaf, baitul maal dan ibadah sosial, kependudukan dan pembinaan keluarga sakinah, penanganan lintas sektoral, penyelenggaraan manasik haji dan pusat informasi haji, pembinaan produk halal, hisab-rukyat dan kemitraan umat sesuai dengan kebijaksanaan yang ditetapkan oleh Dirjen Bimas Islam. (Pasal 717 KMA No. 18/1975). Hal ini sebagai realisasi terhadap Keputusan Presiden RI No. 44 dan 45 Tahun 1974 khususnya untuk Kementerian agama, maka diterbitkan Keputusan Menteri Agama No. 18 tahun 1975, Jo. Instruksi Menteri Agama nomor 1 tahun 1975 tentang Susunan Organisasi Kementerian agama.

Pada pasal 717 KMA yang sama disebutkan bahwa Kantor Urusan Agama di Kecamatan mempunyai tugas untuk melaksanakan sebagian tugas Kantor Kementerian agama di Kabupaten/kota yaitu melakukan sebagian tugas pembangunan di bidang agama dalam wilayah Kecamatan di bidang Urusan Agama Islam. Hal yang sama juga diatur dalam KMA Nomor 571 Tahun 2001 tentang Penataan Organisasi Kantor Urusan Agama Kecamatan. Secara vertikal berhubungan erat dengan Kemenag Kabupaten/kota, Kanwil Kemenag Propinsi dan Kemenag RI. Sedangkan secara horizontal bersentuhan pula dengan instansi dan dinas lain pada tingkat Kecamatan. Di era Jaman Now, KUA dituntut menjadi pelayan publik yang prima dengan mengedepankan transparansi dan akuntabel sehingga terwujud good government dan good governance.

Upaya menjadikan KUA sebagai lembaga pelayanan prima amat diperlukan adanya Sumber daya manusia yang memadai, memiliki kompetensi unggul dengan sarana yang juga istimewa. Untuk itu Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo melakukan berbagai terobosan-terobohan seperti melakukan penataan pegawai yang sesuai tusinya, peningkatan SDM, pengurusan dan penyelesaian sertifikasi tanah dan revitalisasi dengan cara pengajuan rehab dan pembangunan gedung KUA melalui SBSN.

Anggaran SBSN dari pusat akan langsung disalurkan ke daerah melalui Kemenag kabupaten/kota sebagai Kuasa Pemegang Anggaran (KPA) dan Kanwil sebatas sebagai pembina dan pengawas. Dan survey lokasi yang dilakukan Kasubag TU bersama Tim ke beberapa KUA ini dimaksudkan melihat kelayakan dan tercukupi prasyarat seperti sertifikasi tanahnya sudah atas nama milik negara. (Ansori).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s