Pokjaluh Kemenag Launching Khotmil Qur’an Perdana

Kab. Probolinggo (Pokjaluh) Minggu ke IV setiap usai sholat Jum’at Bimas Islam Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo menggagas kegiatan Khotmil Qur’an yang dikomandani Pokjaluh bersama para penyuluh agama baik Fungsional maupun non pns bahkan aset paling berharga kami para Huffadz binaan Jam’iyatul Qurro’ wal huffadz (JQH/JAMQUR) yang juga sebagai PAINPNS turut hadir di Masjid Ar-Rohiem guna meramaikan Syiar Islam melalui giat tersebut.

Dalam uraian sambutannya, Kepala Seksi Bimas Islam menjelaskan bahwa membaca Al-Qur’an itu memiliki banyak keutamaan sebagaimana yang diuraikan Imam Nawawi, pengarang kitab Riyadhus Shalihin.di antaranya: 1. Akan menjadi syafaat bagi pembacanya di hari kiamat; Dari Abu Amamah ra, aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.” (HR. Muslim).
2. Mendapatkan predikat insan terbaik; Dari Usman bin Affan ra, Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Tirmidzi). 3. Mendapatkan pahala akan bersama malaikat di akhirat, bagi yang mahir mambacanya; Dari Aisyah ra, berkata; bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Orang yang membaca Al-Qur’an dan ia mahir membacanya, maka kelak ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat kepada Allah.” (HR. Bukhari Muslim), 4. Mendapatkan pahala dua kali lipat, bagi yang belum lancar; “Dan orang yang membaca Al-Qur’an, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari Muslim). 5. Akan diangkat derajatnya oleh Allah; Dari Umar bin Khatab ra. Rasulullah saw. bersabda,: “Sesungguhnya Allahswt. akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Qur’an), dengan dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain.” (HR. Muslim). 6. Mendapatkan sakinah, rahmat, dikelilingi malaikat, dan dipuji Allah di hadapan makhluk-Nya; Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah saw. bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketengangan, akan dilingkupi pada diri mereka dengan rahmat, akan dilingkari oleh para malaikat, dan Allah pun akan menyebut (memuji) mereka di hadapan makhluk yang ada di dekat-Nya.” (HR. Muslim).

Sedangkan mengkhatamkan Al-Qur’an juga memiliki keistimewaan sendiri, hal ini juga berdasarkan Sabda Rasul Muhammad Saw. Sebagai amalan yang paling dicintai Allah Swt. Dari Ibnu Abbas ra, beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah saw., “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Al-hal wal murtahal.” Orang ini bertanya lagi, “Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR. Tirmidzi). Dan Orang yang mengikuti khataman Al-Qur’an, seperti mengikuti pembagian ghanimah, Dari Abu Qilabah, Rasulullah saw. mengatakan, “Barangsiapa yang menyaksikan (mengikuti) bacaan Al-Qur’an ketika dibuka (dimulai), maka seakan-akan ia mengikuti kemenangan (futuh) fi sabilillah. Dan barangsiapa yang mengikuti pengkhataman Al-Qur’an maka seakan-akan ia mengikuti pembagian ghanimah.” (HR. Addarimi).

Kegiatan ini akan menjadi Khazanah keislaman sekaligus tadabburin nafsi atas keutamaan-keutamaan yang sulit untuk diukur dalam nuansa keilmuan, karena Al-Qur’an sebagai sumber hukum sekaligus sumber keilmuan itu sendiri. Kami hanya berharap syafaatnya esok hari setelah tiada yang bisa diharap selain syafaah tersebut, ungkap salah seorang peserta khotmil Qur’an. (Ansori).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s