Sosialisasi SISPENA, Kemenag Hadirkan BAP Jatim

Sosialisasi SISPENA

Kab. probolinggo (PendMa) Bertempat di Aula Al-Ikhlas, Pengurus Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) Kabupaten menggandeng Seksi PendMa Kemenag melaksanakan Sosialisasi Sistem Penilaian Akreditasi (SISPENA) dalam rangka mensukseskan akreditasi RA 2018. Kegiatan yang diikuti Kepala dan Operator 225 lembaga RA ini menghadirkan Bpk Nurhadi BAP Jatim dan  Roy Iskandar  Kasi Kurikulum Penilaian BAN PAUD-PNF Kabupaten Probolinggo. Sabtu, (24/2/2018).

Dalam sambutannya Kasi PendMa Dr. H. Sugiyo, menjelaskan bahwa kegiatan ini dimaksudkan sebagai langkah inovasi bersama menuju pendidikan berkualitas. “Siapapun yang tidak berinovasi akan dimakan perubahan, maka motivasi dalam melaksanakan perbaikan dalam pendidikan sangat diperlukan. Formalitas itu penting tetapi kualitas jauh lebih penting. Makanya akreditasi semata-mata untuk meningkatkan kualitas yang baik, tahun 2018 ini sudah tercatat sebanyak 225 lembaga telah mendaftar dan mengajukan akreditasi. kita bagi 2 sesi, Sessi I dari Jam 08.00 – 12.00 Wib diikuti 110 lembaga dan sesi II dari Jam 12.00 – 17.00 Wib diikuti 115 lembaga Materi pelatihan meliputi; Kebijakan PDSP-K tentang “Data Pokok Pendidikan” terkait akreditasi PAUD dan PNF, serta Kebijakan pelakasanaan akreditasi PAUD dan PNF dengan aplikasi sispena.

Sistematikanya, diawali dengan penilaian evaluasi diri lembaga, pemeriksaan berkas, penugasan assesor untuk melakukan assesment, visitasi, validasi hingga verifikasi baru yang terakhir penetapan hasil akreditasi, tambahnya.

Aplikasi ini dirancang untuk kebutuhan Badan Akreditasi baik Nasional maupun provinsi untuk dalam hal memberikan kemudahan pengelolaan data base penilaian akreditasi, agar data yang dikelola lebih cepat dalam hal proses, pelayanan data terkomputerisasi yang mudah digunakan dan dapat meningkatkan kinerja, kualitas layanan, serta kualitas data yang dihasilkannya.

Dengan tujuan  adanya ketersediaan data dan informasi nilai akreditasi dalam basis data yang terpadu, memenuhi kebutuhan akan data dan informasi nilai akreditasi yang akurat dan cepat, tersedianya sistem informasi pengelolaan nilai akreditasi yang mudah diakses dan semakin nyata manfaatnya dengan adanya kualitas data tersisterm, terstuktur dengan standar berbasis web sehingga mudah diinput, diupdate, dimonitor dan diakses. (Ansori).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s