Tim IAIN Jember Sampaikan Proses UM-PTKIN dan Macam Prodinya

UM PTKIN

Kab. Probolinggo (PendMa) Setelah dibuka secara resmi oleh Kepala Kankemenag, acara dilanjutkan dengan Sosialisasi SPAN-UM PTKIN oleh Tim IAIN Jember Ahmadiono dkk. Menurut Tim dari IAIN Jember, UM-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh panitia pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama RI yang pembiayaannya dibebankan kepada peserta seleksi dan Kemenag RI. Dan bagi peserta yang lulus UM-PTKIN dari keluarga pra sejahtera yang memiliki prestasi akademik dan non akademik dapat mengikuti seleksi program Bidikmisi. (27/2/2018).

SPAN-UM PTKIN merupakan Seleksi Prestasi Akademik Nasional dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri sebagai “Gerbang Masa Depan Insan Paripurna”. Pendaftarannya sudah dibuka sejak januari kemarin, secara rinci berikut ini; Pengisian PDSS 30 Januari s/d 24 Februari 2018, Validasi PDSS 2 Februari s/d 3 Maret 2018, Pendaftaran 1 Maret s/d 29 Maret 2018. Proses seleksi tahap I 9 s/d 14 April 2018 dan tahap II 18 s/d 25 April 2018. Selanjutnya hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 1 Mei 2018 dan bagi yang lulus dipersilahkan untuk melakukan registrasi sejak tanggal 22 s/d 25 Mei tahun yang sama.

IAIN Jember memliki beberapa fakultas dengan berbagai prodinya. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) memiliki 10 program studi; Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Tadris Bahasa Inggris (TBI), Tadris Matematika (TM), Tadris Biologi (TB), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS), Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (TIPA), Berikutnya Fakultas Dakwah (FD) dengan Program Studi; Komonikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Manajemen Dakwah (MD) Psikologi Islam (PA), ada juga  Fakultas Syari’ah (FS) dengan 4 program studi; Hukum Keluarga (Akhwal Syahsiyah/AS), Hukum Ekonomi Syari’ah (Mu’amalah/HES), Hukum Tata Negara (Siyasah/HTN), Hukum Pidana Islam (Jinayah/HPI), ketiga Fakultas Usuluddin, Adab dan Humaniora (FUAH), memiliki 4 prodi juga; Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), Ilmu Hadits (IH), Bahasa dan Sastra Arab (BSA), Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) dan terakhir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), dengan 4 prodi; Ekonomi Syari’ah (ES), Perbankan Syari’ah (PS), Akuntansi Syari’ah (AS), terakhir Zakat dan Wakaf (ZW).

Acara berakhir dengan lancar semoga sosialisasi ini akan memberikan rangsangan siswa-siswi kita yang telah calon lulusan Madrasah Aliyah baik negeri maupun swasta Kota dan kabupaten Probolinggo, tandas HM. Sa’dun, M.Pd staf PendMa yang mendampingi tim. (Ansori).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s