Gandeng Puskesmas, PAIF Sumberasih Optimalisasi PUP dan kenalkan bahaya kanker serviks

PAIF Sumberasih

Kab. Probolinggo (Pokjaluh) Giat bernuansa sosial melalui bahasa agama, terus saja bergulir sesuai dengan semangat untuk menyampaikan informasi kepada warga binaan. Sebagaimana yang dilakukan salah seorang penyuluh agama kecamatan Sumberasih Qudsiyah Azizah, ia menggandeng Puskesmas setempat untuk melakukan sosialisasi bahaya kanker serviks dan optimalisasi pentingnya pendewasaan usia perkawinan. (1/3/2018).

Sebagai pusat pelaksana kesehatan masyarakat, melalui Puskesmas Pemerintah telah melengkapi dengan dokter dan bidang yang cukup untuk membantu kebutuhan pelayanan kesehatan. Selain itu di kecamatan juga tersedia PKB sebagai pelaksana program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang program-programnya sudah berjalan di desa biasanya dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK melalui Pos Pelayanan Terpadu )Posyandu).

Nah dari sinilah, kita bergerak merangkul semua stakeholder guna menyampaikan program-program BKKBN. Selain itu para penyuluh agama di Kementerian agama telah beberapa kali mengikuti workshop terkait hal tersebut. Seperti misalnya; “Pelatihan Tokoh Agama Tentang Program Kependudukan Keluarga Berencana Se Jatim” di KKB Jember, “Orientasi Program KKB PK Bagi Toga – Toma, LSM dan Mitra Kerja” di Balai Diklat Kependudukan dan KB Malang, dan “Orientasi Diseminasi Program KKB PK Bagi Petugas Pernikahan dalam Memberikan Nasehat Kepada Calon Pengantin (CATIN)” di Balai Pendidikan dan Pelatihan KKB Jember Jawa Timur. Yang kesemuanya itu diselenggarakan oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.

Menurut Azizah, kesehatan warga binaan amat penting, selain Allah Swt lebih mencintai muslim yang kuat dan sehat, maka untuk mewujudkannya salah satunya dengan memberikan suluhan kesehatan seperti mengenalkan pentingnya PUP dan bahaya kanker serviks. Itu hanya bisa kita lakukan dengan menggandeng Puskesmas dan PKB, dan tentunya tidak lepas dari dukungan penuh Bapak Syuhada’ Kepala KUA Sumberasih tandas Istri M. Shodiq Kasubag TU Kemenag Kota Pasuruan tersebut. (Ansori).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s