Pengajuan DUPAK Penyuluh Agama Harus Memenuhi Standarisasi Sesuai Ketentuan

Dupak

Kab. Probolinggo (Pokjaluh) Empat orang penyuluh agama dari Tuban, Kota Surabaya dan Kabupaten Probolinggo datang ke Kanwil Kemenag Jatim untuk mengajukan DUPAK yang diterima langsung Kasiluh Dr. H. AWE Efendi, M.Ag di ruang kerjanya. (Rabu, (4/4/2018).

Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka tantangan tugas para penyuluh agama Islam semakin berat dan ketat, karena dalam kenyataan kehidupan di tataran masyarakat mengalami perubahan pola hidup yang menonjol dan berkembang sesuai dengan alur peradaban.

Dalam Keputusan Bersama Menteri Agama RI dan Kepala Badan Kepegawaian Negara nomor : 574 tahun 1999 dan nomor : 178 tahun 1999 tentang jabatan fungsional penyuluh agama dan angka kreditnya, menyebutkan bahwa Penyuluh Agama adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang untuk melakukan kegiatan bimbingan dan penyuluhan agama dan pembangunan melalui bahasa agama.

Penyuluh agama berperan sebagai juru penerang dan  penyampai pesan bagi masyarakat mengenai prinsip-prinsip hidup dan etika nilai keberagamaan yang baik. Ending akhirnya, terwujudnya kehidupan masyarakat yang memiliki pemahaman mengenai agamanya secara memadai yang ditunjukan melalui pengamalannya yang penuh komitmen dan konsistensi seraya disertai wawasan multikultur untuk mewujudkan tatanan kehidupan yang harmonis dan saling menghargai satu sama lain.

Untuk mengukur semua itu Kepala Seksi Penyuluh Agama Islam Kanwil Kemenag Jatim Dr. H. AW. Efendi, M.Ag pernah menyampaikan statemennya melalui “Revitalisasi Peran PAI Dalam Menghadapi Penyimpangan Ajaran Agama” pada saat memberikan pembinaan penyuluh agama islam fungsional di Aula Al-Ikhlas Kemenag kabupaten Probolinggo (26/4/2016) lalu.

Dan sejak saat itulah para penyuluh agama dituntut menjalankan dan memberikan kontribusi nyata sesuai tugas pokok dan fungsinya guna menata kehidupan keagmaan yang terprogram rapi dan berdampak positif. Sehingga, para penyuluh agama dalam pengusulan Daftar Usulan Pengajuan Angka Kredit (DUPAK) nya harus memenuhi standarisasi sesuai ketentuan yang ada. Pengajuan DUPAK sesuai dengan jenjang kepangkatan. Sesuai dengan PERMENPAN dan surat keputusan bersama kepala BKN dan Kepala ANRI bahwasanya pengajuan DUPAK dapat dilaksanakan untuk satu jenjang diatas atau satu jenang dibawah.

Unsur – unsur yang dinilai sesuai dengan peraturan tersebut antara lain adalah unsur utama dan unsur penunjang. Sebagai unsur utama terdiri atas pendidikan, kegiatan pengelolaan arsip, pembinaan, dan pengembangan profesi.

Sedikitnya,  Tugas Pokok Penyuluh Agama Islam Fungsional harus memenuhi hal-hal berikut ini; Mengumpulkan data identifikasi potensi wilayah /kelompok sasaran menggunakan instrument pengumpulan data, formulir-formulir, blanko-blanko isian dan daftar pertanyaan yang berisi semua bahan berupa data/informasi tentang data potensi wilayah/kelompok yang berkaitan dengan data pembinaan kehidupan beragama dan pembangunan yang ada dalam suatu wilayah atau kelompok sasaran.

Kemudian menyusun rencana kerja tahunan, rencana kerja operasional yang Point kegiatannya menyusun Term of Reference (TOR) yang bersifat penjabaran setiap kegiatan yang tertuang dalam rencana kerja (program kerja) tahunan sehingga tergambar secara jelas tujuan, sasaran, waktu, pelaksanaan dan pokok-pokok materi serta teknis pelaksanaan kegiatan bimbingan dan penyuluhan agama dan pembangunan yang akan dilakukan untuk suatu kelompok sasaran/binaan yang ada.

Mengumpulkan bahan materi bimbingan dan penyuluhan, menyusun konsep tertulis materi BP dalam bentuk naskah, menyusun konsep materi BP dalam bentuk poster, melaksanakan BP melalui tatap muka kepada masyarakat pedesaan dengan dilengkapi bukti fisik, menyusun laporan mingguan pelaksanaan BP, melaksanakan konsultasi secara perorangan, melaksanakan konsultasi secara kelompok, menyusun laporan hasil konsultasi perorangan/ kelompok

Di masing-masing kabupaten kota diharapkan ada pendidikan dan pelatihan bagi Tim penilai dan diusulkan agar tiap unit  membentuk  Tim Teknis atau Tim Verifikasi demi memudahkan pengajuan DUPAK yang dalam hal ini dikoordinasi oleh Pokjaluh kabupaten Kota. (Ansori).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s