Mutu Pendidikan Akan Meningkat Searah Dengan Meningkatkan Kualitas SDM Guru

Sugiyo

Kab. Probolinggo (PendMa) Sebelum penutupan dan berakhirnya Diklat Teknis Substantif Penyusunan RPP bagi guru Madrasah yang dilaksanakan selama 6 hari sejak tanggal 2-7 April 2018, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah H. Sugiyo menyampaikan materi terakhir dengan tema; “Pengembangan SDM Kementerian Agama”. (7/4/2018).

Wajah riang terlihat dari para peserta diklat sehingga tanpa terasa lelah walaupun harus mengikuti dengan seksama jalannya kegiatan terakhir sebagaimana yang mereka tunggu-tunggu selama seminggu. Selain memperoleh ilmu dari setiap materi diklat yang diajarkan oleh para Widyaiswara, mereka juga langsung memperoleh praktik pembuatan RPP secara tuntas.

Sebagai agen perubahan (Agent of Change) seorang guru dituntut bisa berinovasi dalam melakukan pembaharuan pengajaran secara terkonsep, mengacu pada Kurikulum dan Sillabus yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Menjadi guru di era sekarang harus mampu bersaing dan mau mengikuti setia perkembangan kalau tidak ingin tertinggal di guru lain dalam menyiapkan generasi trampil modernis dan agamis.

Guru bisa mengakses informasi dari berbagai referensi; buku, media cetak, online-elektronik ataupun media apapun yang dapat meningkatkan SDM Guru, tandas Kasi PendMa H. Sugiyo.

Berbagai pendidikan, pelatihan, workshop, lokakarya ataupun forum-forum ilmiah seperti seminar sangat mendukung progresif learning bagi mereka yang pada gilirannya akan membangkitka semangat untuk mengetahui setiap berkembangan pendidikan di negeri ini secara umum dan khususnya di lingkungan kementerian agama.

Kegiatan ini dapat meningkatkan mutu kinerja guru dalam membantu guru merumuskan tujuan pembelajaran dalam RPP yang mencakup indikator ketercapaian dan hasil belajar peserta didik.

Memudahkan guru dalam menyusun bahan ajar disusun dari yang sederhana ke kompleks, mudah ke sulit dan/atau konkrit ke abstrak sesuai dengan tujuan pembelajaran, guru dapat meningkatkan kompetensinya dalam menyesuaikan materi yang di sampaikan dengan bidang studi lainnya, baik yang bersifat tektual maupun kontekstual, remidi dan lain-lain.

Selanjutnya semoga keilmuan yang diperolehnya mampu diterapkan kepada anak didiknya di madrasah masing-masing, tutupnya. (Aan/Zul).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s