Sebelum Terbitkan AIW, H. Wawan AS Survei Lokasi Objek Wakaf Bersama Penyuluh Agama

Wawan1

Kab. Probolinggo (KUA) Tepat Jam 14:04 WIB Kepala KUA Wonomerto selaku Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) H. Wawan AS melakukan survei lokasi tanah wakaf yang berlokasi di Desa Patalan Kecamatan Wonomerto. Survey lokasi ini atas sebidang tanah yang akan di wakafkan kepada Yayasan Al-Bisri sudah terdaftar pada notaris Nomor 38 tanggal 23 April 2014 serta telah berbadan hukum dengan nomor; AHU: 0406.AH.02.01 TAHUN 2010. (Selasa, 10/4/2018).

Wawan ingin menertibkan semua lembaga keagamaan yang ada di wilayah kerja kecamatan Wonomerto sehingga yang bersankutan mau turun ke lokasi guna melihat kondisi riil lembaga tersebut dan salah satu protap penerbitan Akta Ikrar Wakaf (AIW) menurutnya, “PPAIW harus mengetahui secara jelas dan pasti batas-batas obyek wakaf sesuai surat tanah yang akan diikrarkan, jelasnya.

Dengan ditemani Penyuluh Agama, Kepala KUA meminta salah satu pengurus yang tercatat dalam pengajuan AIW untuk menunjukkan batas-batas tanah yang akan diwakafkan. Karena barang wakaf merupakan pemindahan kepemilikan dari milik pribadi menjadi milik wakaf yang selanjutnya akan dikelola oleh Nadir.

Sesuai dengan BAB I Ketentuan Umum Pasal 1 dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 berbunyi “Wakaf adalah perbuatan hukum wakif untuk memisahkan dan/atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum menurut syariah.” Kemudian diperkuat dengan Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004. Keterangan tambahan bahwa di lokasi tersebut telah berdiri lembaga pendidikan diniyah sebagaimana keterangan Marzuki saat menerima kunjungan KUA tersebut. (Ansori).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s