Pertama Kalinya Di 2018, Seksi PHU Laksanakan Rakor Lintas Instansi

Rakor Haji

Kab. Probolinggo (PHU) Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kankemenag Kabupaten Probolinggo mengawali melaksanakan Rapat Koordinasi bersama Instansi terkait dalam upaya untuk mensukseskan pelaksanaan haji tahun ini. (18/4/2018).

Seksi PHU yang saat ini dinahkodai H. A. Wafi menghadirkan Kasubag TU H. Fausi, SE. M.HI. M.PdI, Dinas Kesehatan (Dinkes) Dr. Wiwik, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), Badan Pusat Statistik (BPS), Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) serta beberapa komponen yang lain. Diperkirakan Calon Jamaah Haji (CJH) Probolinggo yang akan diberangkatkan berjumlah 776 orang dan belum termasuk kuota susulan. Baru setelah selesai proses pelunasan, jumlah total jemaah yang lunas dapat dinyatakan untuk diberangkat ke tanah suci.

Dalam arahannya, Kepala Kankemenag H. Santoso, S.Ag. M.Pd menghimbau kepada semua pihak terutama Seksi PHU, Kepala KUA, KBIH agar terus melakukan update informasi. Calon Jamaah haji dihimbau agar selalu berkoordinasi baik dengan KUA sebagai unit kemenag yang berada di tingkat kecamatan atau langsung ke Seksi PHU untuk memperoleh informasi utuh, jangan sampai jamaah yang sudah melunasi Ongkos Naik Haji (ONH) nya ke Bank namun karena kurangnya informasi atau malu bertanya berakibat fatal tidak jadi berangkat karena berkasnya tidak diteruskan ke kemenag yang dalam hal ini ditangani seksi penyelenggara haji dan umroh, jelas Mantan Kepala Kankemenag Banyuwangi tersebut.

  1. Santoso juga menjelaskan “Pelunasan BPIH” yang telah diulai dari tanggal 16 April s.d 4 Mei 2018 (15 hari kerja/3 minggu). Dan berdasarkan Update data per 18 April 2018, Jam 15.30 WIB di hari ke 3 (dari 15 hari), Progress Pelunasan BPIH Reguler untuk Kabupaten Probolinggo yang berhak lunas berjumlah 824, sudah melunasi 299 dan yang belum lunas berjumlah 525. Se Jawa Timur yang sudah lunas berjumlah 14.596 (42%) dari total kuota Jama’ah Jatim 35.034 sementara sisanya 20.438 belum melunasi. (@info_hajijatim).

Sementara untuk Pelunasan BPIH Khusus (Haji Khusus) sudah di laksanakan sebelumnya, yakni untuk Tahap I mulai tanggal 13 s/d 20 Maret 2018, dan  Tahap II dari tanggal 27 s/d 29 Maret 2018.

“Pelunasan tahap pertama diperuntukkan bagi jemaah yang telah melakukan pelunasan BPIH tahun 1438H/2017M atau tahun sebelumnya, yang menunda keberangkatan. “Pelunasan tahap pertama juga bagi jemaah yang masuk dalam kuota haji tahun 1439H/2018M yang belum pernah berhaji dan telah berusia 18 tahun atau sudah menikah”.

Secara keseluruhan, Kuota jemaah haji Indonesia tahun ini berjumlah 221ribu. Jumlah ini terdiri dari 204ribu kuota jemaah haji reguler dan 17ribu kuota jemaah haji khusus. Kemenag berharap jemaah haji reguler bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk segera melakukan pelunasan.

Jemaah haji reguler sudah membayar setoran awal sebesar Rp25juta. Untuk itu, uang yang harus disetorkan adalah sebesar selisih dana setoran awal dengan BPIH yang telah ditetapkan per Embarkasi. Dan Embarkasi Surabaya sebesar Rp36.091.845,-(Tiga puluh enam juta sembilan puluh satu ribu delapan ratus empat puluh lima rupiah).Dana tersebut disetorkan ke rekening atas nama Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) pada Bank Penerima Setoran BPIH yang ditunjuk oleh BPKH.

Sekarang sudah masuk tahapan Pelunasan tahap dua dari 16 – 25 Mei 2018. Pelunasan tahap kedua, lanjut, diperuntukkan bagi jemaah dengan kriteria sebagai berikut; 1) mengalami kegagalan sistem pada pelunasan BPIH tahap kesatu; 2) berstatus pernah berhaji yang telah berusia 18 tahun atau sudah menikah; 3) pengajuan penggabungan suami/istri atau anak kandung/orang tua terpisah yang salah satunya telah melunasi di tahap 1; 4) pengajuan lanjut usia minimal 75 tahun yang dapat disertai dengan 1 (satu) orang pendamping; 5) cadangan yang berasal dari Jemaah Haji yang berhak lunas tahun 1440H/2019M sebanyak 5%.

Bagi jemaah haji yang telah melakukan pelunasan BPIH reguler tahun 1439H/2018M, akan dilakukan pengurusan paspor di kantor imigrasi setempat dan menyerahkannya ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten untuk diproses penerbitan visanya. Dan bagi CJH yang belum memiliki BPJS untuk segera mendaftar sebagai anggota BPJS, jaga-jaga takutnya dibutuhkan. Hal penting lainnya penjelasan seputar kesehatan haji disampaikan oleh Dokter Wiwik dari Dinas Kesehatan. (Ansori).

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s