Jelang Ramadhan 1439 H, Kemenag Gelar Rakor Bersama Tim BHR

BHR1

Kab. Probolinggo (Inmas) Dengan semakin dekatnya bulan Ramadhan yang sudah sekitar 28 hari lagi, Kemenag Probolinggo mengadakan Rapat Koordinasi terkait bahas persiapan pelaksanaan Hisab Rukyah Tahun 1439 H/ 2018 M, Bertempat di Ruang Penyelenggara Syari’ah. (19/4/2018).

Rapat dipimpin Kepala Kan.Kemenag H. Santoso didampingi Kasubag TU H. Fausi, hadir pula Penyelenggara Syari’ah HM. Sa’dun, Tim BHR Imamuddin NF dan Zahro serta beberapa orang penyuluh agama. Dan tidak menutup kemungkinan beberapa minggu kedepan seperti tahun lalu Kemenag akan berkoordinasi dengan Pemkab. Probolinggo, Pengadilan Agama, BMKG, MUI, DMI, Ormas Islam Kabupaten Probolinggo, dan SKPD terkait.

Dalam Rakor dibahas rencana pelaksanaan Ru’yatul Hilal penentuan awal Ramadhan yang pelaksanaannya menunggu instruksi dari Kemenag RI. Ini harus dilaksanakan karena merupakan bagian dari Syariat Islam. Yang pelaksaannya Kemenag membentuk Tim BHR, seperti tahun-tahun sebelumnya melibatkan semua instansi terkait, baik dari Tim Ormas Islam (MUI, NU, Muhammadiyah, Al-Irsyad), Pemkab, Perguruan Tinggi bersama sama dalam pelaksaan Hisab Ru’yah.

Probolinggo memiliki banyak lokasi yang bisa digunakan sebagai tempat rukyah; Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo, Gili Ketapang serta Pantai Duta Randu Merak Paiton dan yang terakhir ini baru digunakan penentuan awal Ramadhan dan awal Syawal tahun 2017 lalu. Namun akhirnya tempat yang dipilih adalah Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo.

Sebelum menuju lokasi, Tim berkumpul di Kantor Kemenag jam 17.00 Wita dan bersama sama menuju lokasi, tidak menutup kemungkinan jika ada yang lebih dekat rumahnya langsung menuju lokasi dengan berkoordinasi pada panitia Hisab Rukyat Kabupaten Probolinggo. Semua berharap nantinya waktu pelaksanaan keadaan cuaca cerah dan mendukung sehingga Hisab Rukyah berjalan dengan lancar. (Aan).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s