Ibu Adalah Madrasah Pertama dan Utama

Kartini NowKab. Probolinggo, 21/4/2018 (Madrasah) Ada yang unik dari peringatan Hari Kartini tokoh Wanita bahkan seorang Pahlawan Nasional yang lahir di Jepara ini. Saking harum namanya, di berbagai instansi, lembaga pendidikan tidak sedikit yang merayakan dan memperingati kelahirannya.

Misalnya yang dilakukan Kepala MI. Miftahul Huda Sepuhgembol Kecamatan Wonomerto, Nur Hasyim ASN Kemenag Kemenag yang sekaligus Ketua Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) ini menggelar satu kegiatan yang menurut penulis cukup menginspirasi kepada kita. Pakaian adat ketimuran mulai dari guru-guru dan siswa-siswinya juga dimeriahkan dengan tumpengan ala kadarnya.

Dan yang cukup unik Hasyim membonceng istrinya (red). berpeseda mengelilingi madrasah seakan-akan ia mau berucap; “Dari ibulah kartini dilahirkan, sayangilah ibumu sebagaimana kartini menyayangi dirinya”, juga mungkin “Ibu adalah madrasah yang pertama dan utama bagi anak”.

Jadi, dalam mengasuh anak, tugas dan tanggung jawab ibu begitu besar. Bukan hanya mengasuh tapi juga mendidik. Tak heran kalau muncul ungkapan populer ‘ibu adalah madrasah pertama bagi anak’. Artinya, ibu merupakan orang pertama yang mengenalkan norma-norma pada anak sebagai ‘modal awal’ agar anak menjadi pribadi yang baik dan menjunjung tinggi nilai-nilai Islam dalam kehidupannya. Selanjutnya para guru yang mendidik kita. (Aan).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s