Haflah : Membangun Karakter Santri Menuju Peradaban Yang Menopang Kokohnya NKRI

ds1

Kab. Probolinggo (Inmas) Haflatul Imtihan merupakan Kegiatan rutin tahunan Pondok Pesantren di akhir tahun pelajaran setelah selesai melakasanakan imtihan (ujian). Malam ini Senin, 30 April 2018 PP. Darus Sholihin Wonomerto merayakan momen tahunannya.(Senin, 30/4/2018).

Tema yang diangkat “Membangun Karakter Santri Menuju Peradaban Yang Menopang Kokohnya NKRI”. Rangkaian kegiatan sebelumnya, diawali Kirab Santri dan alumni yang diiringi Marching Band keliling desa Sumberkare. Dan terhitung satu minggu sebelumnya juga diramaikan dengan kegiatan lomba-lomba baik lomba penguasaan materi agama dan umum meliputi lomba cerdas cermat santri, khitabah, pembacaan puisi, ketangkasan menjawab (debat) berbahasa arab, pembacaan kitab kuning, hingga tadi malam dilaksanakan Gebyar Pentas Seni. (Sabtu, 29/4/2018).

Selamat hari lahir Darus Sholihin, Semoga Rohmat Turun min ALLAHILKARIM” salah satu bait dikumandangkan para santri Darus Sholihin. Jama’ah menjawabnya dengan ucapan Amin. Ada tiga inti Dawuhnya Habib Ahmad bin Muhammad Al-Habsyi Pengasuh PP. Darul Akhlaq. Kunci kebahagiaan hidup; Pertama, jika kita mampu berbuat baik kepada Allah SWT (ﺑﺮ المعبود) dengan menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi segala larangannya. Kedua, berbuat baik kepada guru (ﺑﺮ الشيخ) dan yang ketiga, berbakti kepada kedua orang tua (ﺑﺮ الوالدين). Teruslah menegakkan sholat lima waktu berjemaah dan tepat waktu. Sempatkanlah pada sepertiga malam barangkali Allah SWT akan mengangkat derjaat kita sesuai janjinya; Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. (Q.S. Al-Isro’ 79).

lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezki yang Kami berikan. tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai Balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.(QS. As-Sajdah: 16-17).

“Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (syurga) dan mata air-mata air, sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam. dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar.” (Q.S. Adz Dzariyaat : 15 – 18)

Habib menambahkan termasuk Sholat Dhuha, dan perkara sunnah lainnya. Terkait program pendidikan pesantren, Tahassus Dini seperti sangat diperlukan untuk mempersiapkan generasi yang agamis, beriman dan berkarakter. Hal yang sama disampaikan oleh Kyai Ismail agar para santri tetap mengutamakan ilmu-ilmu agama walaupun tentunya tanpa harus meninggalkan pengetahuan umum, karena mencetak Akhlaq, moral ataupun karakter merupakan hal yang utama dalam mempersiapkan generasi muslim yang berkarakter.

Haflah juga dimeriahkan dengan wisuda dan penampilan Hadroh kreasi santri. Menurut keterangan Zainul Musthofa, Haflah malam ini bisa berjalan baik tidak lepas dari dukungan pengurus yayasan, panitia, guru-guru, serta semua unsur masyarakat. Kegiatan kali ini dihadiri, perwakilan KUA, MUI, Takmir-Remas, Tokoh agama dan tokoh masyarakat dari desa terdekat. (Aan).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s