Tim BHR Kembali Pilih Pantai Duta Sebagai Pusat Ru’yatul Hilal

BHR2018

Kab. Probolinggo (Inmas) Tim Badan Hisab Ru’yah (BHR) Kabupaten Probolinggo kembali memilih Pantai Duta Paiton sebagai pusat ru’yatul hilal untuk menentukan awal Ramadhan 1439 H. (Selasa sore, 14/5/2018).

Tim terdiri dari unsur Badan Hisab Rukyat Kemenag Kab Probolinggo,  Pengadilan Agama Kraksaan, Pemkab Probolinggo (Kesra), Sekretaris MUI, Ponpes, Perguruan tinggi UNUJA, Ormas PCNU Probolinggo dan Kraksaan,  PD. Muhammadiyah,  Al Irsyad dan tokoh Agama setempat.

Kemenag tampak Kasubag TU H. Fausi, Kasi Bimais Moh. Barzan, Kasi PHU A. Wafi, Gara Syari’ah M. Sa’dun beberapa Kepala KUA; Wawan AS, Imamuddin, NF., Wildan MH, Muchlison, Amin Mahfudz, Muhtar, Zahro, Sekretaris MUI KH. Sihabuddin Sholeh serta yang lainnya.

Selain melakukan ru’yatul hilal, Tim juga melakukan kajian dan penghitungan astronomis atau hisab sebagai pedoman data pelaksanaan rukyat hilal tersebut. Sebagaimana yang disampaikan salah seorang Tim, Imamuddin NF bahwa Ijtima’ selasa kliwon, 15 mei 2018. Jam 18:49:15. Matahari terbenam : 17:16:24. Bln terbenam  17:16:22 . Azimut matahari 288,57,54 azimut bln 284.07,46. Tinggi hilal 00,10,30 lamanya -00,00,02. Bisa dipastikan Kamis paing 17 mei 2018 kita akan berpuasa hal ini menurut Perhitungan Data Hisab (PDH).

Sedangkan hasil onservasi/ pengamatan rukyat hilal tidak terlihat. Selanjutnya, sesuai tradisi kita akan menunggu Itsbat dari Kemenag RI. Dan di penghujung Ramadhan sekitar tanggal 29 Ramadhan kedepan Tim kembali akan menentukan Ru’yatul hilal untuk menentukan awal bulan Syawal. Yang terpenting kita senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT. sehingga bisa melaksanakan salah satu rukun islam berupa puasa Ramadhan serta mampu menghidupkannya bulan yang senilai dengan seribu bulan ini. (Aan).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s