Semarak Ramadhan Kemenag Probolinggo

Kemenag

Kab. Probolinggo (Bimais)  Menghadapi bulan Ramadhan, Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo melalui Seksi Bimas Islam yang dikomandani H. Moh. Barzan melakukan kerjasama dengan Takmir Masjid Ar-Rohiem Kankemenag. Hal ini diperkuat dengan Surat Permohonan dan Pemberitahuan Kegiatan Ramadhan 1439 H Nomor : 0966/Kk.13.8/6/BA.01/05/2018 tertanggal 15 Mei 2018 yang ditandatangani Kepala Kankemenag dan Kasi Bimais dalam rangka menghidupkan dan mengisi bulan suci Ramadhan 1439 H. Maka Takmir Masjid Ar-Rohiem Kankemenag melaksanakan berbagai kegiatan ibadah sebagai bentuk taqarrub kepada Allah Swt. Selanjutnya dilakukan penjadwalan kegiatan dengan melibatkan beberapa unsur di Kementerian Agama. (Rabu, 16/5/2018).

Dengan penjadwalan ini dimaksudkan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Kankemenag memiliki kesadaran beragama dan kepekaan nurani bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia sehingga membutuhkan perhatian kita yang lebih sebagai upaya memulyakan bulan mulia tersebut sekaligus sebagai ketaatan kita kepada Sang Pencipta pemilik kemulyaan.

semua ASN Kemenag diwajibkan melaksanakan Sholat Dhuhur dan Ashar berjemaah. Dan sekaligus diwajibkan mengikuti kegiatan Pembinaan Qiroatul Qur’an, Tadarrus serta Kajian dan Kultum Ramadhan. Pembinaan Qiroatul Qur’an dilaksanakan dari Jam 08.00-09.00 WIB, Tadarrus dari Jam 10.00-11.30 WIB, Sholat Dhuhur Jam 12.00-12.15 WIB, Kajian/Kultum Ramadhan Jam 12.15-13.15 dan diakhiri dengan Sholat Ashar dan Dzikir dari jam 15.00-15.30 WIB.

Untuk Jadwal Tadarrus sebagaimana berikut, Kamis, 17/5 Pengawas, Senin, 21/5 Kasi-Penyelenggara,Selasa, 22/5 PAIF-PAINPNS, Rabu, 23/5 Kepala KUA-Penghulu, Kamis, 24/5 Pengawas, Senin, 28/5 Kasi-Penyelenggara, Selasa, 29/5 PAIF-PAINPNS, Rabu, 30/5 Kepala KUA-Penghulu, Kamis, 31/5 Pengawas, Senin, 4/6 Kasi-Penyelenggara, Selasa, 5/6  PAIF-PAINPNS, Rabu, 6/6 Kepala KUA-Penghulu, Kamis, 7/6 Pengawas, Senin, 11/6 Kasi-Penghulu, Selasa, 12/6 PAIF-PAINPNS.

Hal penting lainnya adalah kegiatan Kajian dan Kultum Ramadhan sebagai berikut; Senin, 21/5, Motivasi menyambut bulan Ramadhan menuju Insan Muttaqin oleh Kepala Kankemenag H. Santoso, Selasa, 22/5, Kultum dengan tema “Motivasi menyambut bulan Ramadhan menuju Insan Muttaqin” oleh Kepala KUA Wonomerto H. Wawan Ali Suhudi, Rabu, 23/5, Puasa sebagai media untuk membangun etos kerja dan kedisiplinan hidup, oleh Kasubag TU H. Fausi, Kamis, 24/5, Kultum “Puasa sebagai media untuk membangun etos kerja dan kedisiplinan hidup”, oleh Yazid Zain, Senin, 28/5, Merajut toleransi Ukhuwah Islamiyah sebagai manefestasi islam Rahmatan lil alamin melalui puasa, oleh Kasi Bimais H. Moh. Barzan, Selasa, 29/5, Kultum “Merajut toleransi Ukhuwah Islamiyah sebagai manefestasi islam Rahmatan lil alamin melalui puasa”, oleh Kepala KUA Sumberasih Syuhada, Rabu, 30/5, Puasa sebagai Dimensi ritual dan sosial, oleh Kasi PHU H. A. Wafi, Kamis, 31/5, Kultum “Puasa sebagai Dimensi ritual dan sosial”, oleh Ansori Penyuluh Agama, Senin, 4/6, Refleksi puasa dalam perspektif kesalehan sosial oleh Kasi PendMa H. Didik Heriyadi. Selasa, 5/6, Kultum “Refleksi puasa dalam perspektif kesalehan sosial” Kepala KUA Tongas Wildan Mahbubul Haq, Rabu, 6/6/, Sholat dan puasa sebagai sarana ma’rifat kepada Allah SWT oleh Kasi PAIS H. Taufieq, Kamis, 7/6/, Kultum “Sholat dan puasa sebagai sarana ma’rifat kepada Allah SWT” oleh Kepala KUA Kuripan Eko Heriyono, Senin, 11/6, Puasa dan Zakat sebagai sarana penyucian jiwa oleh Kasi Penyelenggara Syari’ah H. Muh. Sa’dun., Selasa, 12/6, Kultum “Puasa dan Zakat sebagai sarana penyucian jiwa” oleh Kepala KUA Lumbang H. Imamuddin Nur Fajri, Rabu, 13/6, Idul Fitri sebagai wujud kemenangan pasca Ramadhan oleh Kasi PD. Pontren H. Taufik dan Kamis, 14/6, Kultum “Idul Fitri sebagai wujud kemenangan pasca Ramadhan” oleh H. Nasir Hamimullah Penyuluh.

Selain itu Kemenag juga menentukan Imam Sholat Tarawih yang sekaligus untuk memberikan Kultum di malam hari dengan diambilkan dari Kasubag TU, Kasi-Penyelenggara, Kepala KUA, Penyuluh Agama Fungsional hingga sebagian staf Kemenag yang memiliki kompetensi di bidang agama. (Aan).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s