Rubu’ Alat Sederhana Yang Mampu Menunjuk Akurasi Rosydul Qiblat

Qiblat

Kab. Probolinggo (Inmas) Kantor Urusan Agama merupakan unit terbawah Kementerian Agama, namun tugas dan fungsinya sangat bersentuhan langsung dengan masyarakatdi akar rumput. Tugas KUA tidak hanya mengurusi masalah pernikahan da ruju’, tetapi mencakup aspek yang luas terkait pelayanan dan pembinaan keagamaan di masyarakat. (Minggu, 27/5/2018).

Perwakafan, Zakat, Ibadah Sosial, Kepenyuluhan dan lain-lain, membina Badan/ Lembaga Semi Resmi seperti MUI, BAZ, BP4, LPTQ dan tugas Lintas Sektoral di wilayah Kecamatan termasuk yang berkaitan dengan penentuan Arah Kiblat. Arah kiblat merupakan hal yang perlu mendapat perhatian kita, ulas Wawan AS Kepala KUA Wonomerto.

Karena salah satu syarat sahnya shalat menjadikan arah kiblat perlu ditentukan dengan sungguh-sungguh. Beberapa tahun lalu, banyak dibicarakan masyarakat bahwasanya telah terjadi pergeseran arah kiblat karena pergeseran lempengan bumi dan gempa bumi. Hampir separuh dari masjid yang ada di Indonesia diperkirakan arah kiblatnya tidak tepat. Banyak masjid dan musholla yang kemudian diukur kembali dengan metode yang canggih untuk dapat menghasilkan arah kiblat yang akurat.

Dari pengukuran tersebut, diketahui bahwa sebenarnya arah kiblat masjid tidak pernah bergeser dari tempatnya. Masjid tersebut tetap pada posisi semula, hanya saja metode yang digunakan untuk mengukur arah kiblat tidak seakurat dan secanggih saat ini ketika teknologi telah berkembang lebih maju.

Nmun menurut Pemuda asal Ponorogo ini menyatakan masih banyak metode penentuan arah kiblat, dari alat yang paling sederhana seperti rashdul kiblat, kompas, rubu’ mujayyab, dan sebagainya, hingga menggunakan teknologi canggih seperti theodolit dan GPS, dan software-software kiblat. Berbagai metode tersebut memiliki keakurasian masing-masing.

Di akun FB-nya Ia menuliskan; “Tidak sia-sia menunggu mulai pukul 15.45, demi menguji akurasinya alat yang selama ini dipercaya sebagai senjata mengukur arah kiblat. Tepat pkl 16.18 rosydul qiblat alat yang sederhana ini juga menunjukkan titik akurasinya. Hal ini penting untuk meyakinkan akurasi alat ketika di minta untuk mengukur arah qiblat”, tulisnya. (Aan).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s