Bina ASN Putaran I, Kepala KanKemenag Ingatkan Kompetensi Yang Harus Dimiliki Guru

Pembinaan Keliling

Kab. Probolinggo (Inmas) Ramadhan tidak mengendorkan semangat Kepala Kan. Kemenag dalam melaksanakan kedinasannya. Bertempat di MI. Tahzibun Nasyiin kecamatan pakuniran, Senin, 28 Mei 2018 dilaksanakan Pembinaan ASN Putaran I di bulan Ramadhan mencakup kecamatan Pakuniran, Kotaanyar dan Paiton. (Senin, 28/5/2018).

Dalam laporannya, Kasi Pendma Didik Heriyadi menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan kali ini diikuti 52 peserta yang terdiri dari guru RA-Madrasah dan jajaran pengawas. Didik menyerukan agar kita bisa menjaga marwah Madrasah untuk kebangkitan madrasah, madrasah hebat dan madrasah bermartabat.

Sementara Kepala Kankemenag H. Santoso mengucapkan terimakasih kepada semua pihak setelah beberapa waktu lalu sukses melaksanakan UNBK. Walaupun nilainya sangat perlu untuk ditingkatkan sekiranya kedepan bisa bersaing di tingkat Provinsi lebih-lebih masuk dalam standar nasional, harapnya.

Santoso juga berharap ASN terus menjaga kedisiplinan dalam menjalankan tugasnya. Ia juga mengingatkan tentang Kompetensi yang harus dimiliki seorang guru; 1. Kompetensi Pedagogik; pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya 2. Kompetensi Kepribadian; kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia 3. Kompetensi sosial; kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar 4. Kompetensi profesional, penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap stuktur dan metodologi keilmuannya.

Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen menyatakan bahwa kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan. Inilah beberapa hal penting yang menjadi kupasan penting dalam pembinaan putaran pertama. (Aan/Zul).

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s