Ekspose Hasil Monitoring KUA Triwulan 1 dan Sosialisasi Simkah Online

Simkah Online

Kab. Probolinggo (Bimais) Bertempat di Ruang Aula Al-Ikhlas III, Rabu, 6 Juni 2018, Seksi Bimas Islam melaksanakan Rapat Dinas bersama kepala KUA se kabupaten Probolinggo. Dalam rapat tersebut dilaksanakan Ekspose Hasil Monitoring KUA Triwulan 1 dan Sosialisasi Simkah Online Berbasis Web. “Integrasi ini dipayungi secara nasional, sehingga di tingkat daerah tidak perlu melakukan MoU sendiri-sendiri,”(Rabu, 6/6/2018).

Barzan Ahmadi selaku Kepala Seksi Bimais menyampaikan terima kasih kepada jajarannya yang telah mendukung program Kementerian Agama terkait pelaksanaan Simkah Online berbasis Web, pihaknya meminta untuk terus ditingkatkan demi memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di tingkat kecamatan masing-masing.

Barzan menginginkan jajarannya terus melakukan inovasi layanan publik berbasis IT untuk dimaksimalkan khusus Simkah Online. Layanan elektronik itu adalah Sistem Informasi Administrasi Nikah berbasis Web (Simkah Web), tandasnya.

“SIMKAH berbasis web adalah pengembangan SIMKAH yang telah ada sejak 2007. Keunggulan aplikasi SIMKAH web ini diantaranya; Pertama, sudah terintegrasi dengan data pada kementerian terkait secara nasional, seperti Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dari Kemdagri, Sistem Informasi PNBP Online (SIMPONI) dari Kemenkeu, dan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) dari Mahkamah Agung. Kedua, saat mencetak buku nikah, akan keluar QR Code yang terkoneksi dengan aplikasi. Ini merupakan fitur security (keamanan) untuk menjaga buku nikah tidak mudah dipalsukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Ketiga, laporan data nikah dan PNBP nikah-rujuk dapat dilihat secara real-time. Ini akan memudahkan monitoring pelaksanaan nikah secara nasional, termasuk dapat memantau ketersediaan buku nikah pada setiap wilayah. Keempat, pendaftaran nikah dapat dilakukan secara online. Kelima, aplikasi ini juga menyajikan variabel data yang lebih banyak dengan kategori tertentu, misalnya data pernikahan berdasarkan usia, pendidikan, pekerjaan, dan lain-lain. Keenam, antar KUA terkoneksi secara realtime. Saat masyarakat mengajukan surat rekomendasi nikah dan legalisasi buku nikah, maka akan muncul notifikasi. “Ini akan memudahkan masyarakat dalam pengurusan dokumen nikah dengan mudah, praktis, dan aman,” jelas Kasi Bimais yang baru beberapa bulan lalu menggantikan A. Wafi yang sekarang menjadi Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh. (Aan).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s